Detail Karya Ilmiah
-
PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X TKJ DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA MATERI STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN DI SMKN 3 BANGKALANPenulis : Yuliana WardaniDosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih,S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputo, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari kemampuan awal siswa materi struktur kontrol percabangan di SMKN 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian menemukan bahwa : (1) siswa kemampuan awal tinggi dapat memahami maksud soal yang diberikan dengan baik, dapat membuat alasan yang relevan maupun kesimpulan yang beralasan, menggunakan semua informasi yang dimiliki dan dapat menjelaskan istilah yang dituliskan, serta melakukan overview setelah selesai mengerjakan; (2) siswa dengan kemampuan awal sedang kurang dapat memahami maksud soal yang diberikan, sehingga dalam memberikan alasan juga tidak relevan, belum dapat membuat kesimpulan dan kurang dapat menggunakan informasi maupun menjelaskan istilah yang telah dituliskan dengan baik, serta tidak melakukan overview. 3) siswa dengan kemampuan awal rendah masih belum dapat memahami soal yang diberikan sehingga tidak memberikan alasan dan kesimpulan. Tidak menggunakan semua informasi, tidak menjelaskan istilah yang dituliskan dan tidak melakukan overview. Kata-kata Kunci : berpikir kritis, kemampuan awal, struktur kontrol percabangan
AbstractionAbstract This research aims to know the profile of critical thinking the students of class X TKJ based on the early skill of the students of the branching control structure at SMKN 3 Bangkalan. This research uses qualitative descriptive research. The researcher finds that : (1) the students of early high skill can understand the meaning of the questions which are given well, make the relevant reason as well as be reasoned conclusion use all the informations which are had and can explain the terms which are written, also do the overview after finish it; (2) the students with early skill is still less good in understanding the meaning of the question hich is given, so when they give the reason also not relevant, they can not make the conclusion and also use the information as well as explain the terms which have written well yet, and also not do the overview. 3) the students with early low skill still can not understand the question which is given yet so they can not give the reason and conclusion. Not use all the informations, not explain the terms which are written and not do the overview. Key words : critical thinking, the early skill, the branching control structure