Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBNGAN GAME EDUKSI 2D UNTUK MATERI PERIFERAL KOMPUTER PADA KELAS X TKJ DI SMK PGRI 1 BANGKALAN MENGGUNAKAN UNITY
    Penulis : Guruh Setyo Wicahyo
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah,.S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif.,S.P,d.,M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Guruh, S, W. 2018. Pengembangan game edukasi 2 dimensi untuk materi periferal komputer pada SMK Kls X di SMK PGRI 1 Bangkalan. Skripsi, pendidikan informatika, Universitas Trunojoyo Madura. Pembibing (1) Wanda Ramansa S.Pd., M.Pd. (2) Mochamad Arif S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi, Android, periferal komputer. Materi periferal komputer merupakan materi yang membahas tentang pengenalan dan cara kerja periferal komputer secara merinci mulai dari cara awal penggunaan dan perawatan agar komponen yang di pakai awet dan tidak cepat rusak , di dalam materi periferal komputer siswa di tuntut memiliki kemampuan berfikir secara kreatif saat penggunaan dan perawatan periferal komputer. Penelitin ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran tentang periferal komputer berupa game edukasi berbasis android untuk membantu siswa memahami materi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dalam penelitian ini dilakukan 4 tahap uji coba untuk memperoleh nilai efektivitas, efisiensi, dan daya tarik produk. Pertama uji coba ahli isi/materi, kedua uji coba ahli rancangan media, ketiga uji coba perorangan, ke empat uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh game edukasi dari: 1) Ahli Materi mendapatkan nilai 80 % dengan kualifikasi“sangat tinggi”, 2) Ahli Rancangan Media diperoleh nilai 86,67 % dengan kualifikasi “sangat tinggi”, 3) uji coba siswa perorangan diperoleh nilai 90,7 % dengan kualifikasi “sangat tinggi”, 4) uji coba siswa kelompok besar diperoleh nilai 88 % dengan kualifikasi “tinggi”. Dengan demikian game edukasi yang dikembangkan ini memiliki nilai efektifitas, efisiensi, dan daya tarik yang tinggi sebagai media pembelajaran periferal komputer.

    Abstraction

    ABSTRACT Guruh, S, W. 2018. The development of game education material for 2 dimensional computer peripherals at vocational high School (SMK) class X in SMK PGRI 1 Bangkalan. Thesis, educational Informatics, Trunojoyo University, Madura. Advisors (1) Wanda Ramansa s. Pd., m. Pd. (2) Mochamad Arif s. Pd., m. Pd. Keywords: Media learning, Educational Games, Android, computer peripherals. Computer peripheral material is a material that discusses the introduction and workings of computer peripherals in detail starting from the initial way of use and maintenance for components which use durable and not quickly damaged, in computer peripheral material students demanded to have the ability to think creatively when the use and maintenance of computer peripherals. This research is aimed to develop of learning media about computer peripherals form the educational games based on android to help students understand the material. This research uses development method of research by following ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research, there are 4 stages of testing to obtain the value of effectiveness, efficiency, and product appeal. First trial of content / materials expert, second media expert test, three individual trials, to four large group trials. The results show the value of educational games that are obtained from: 1) Material Experts acquire the value of 80% with the qualification "very high", 2) Media Design Experts retrieved the value of 86.67% with the qualification "very high", 3) test individual students retrieved value of 90.7% with the qualification "very high", 4) trials of large groups of students obtained a value of 88% with the qualification of "high". Thus the game has developed educational value of effectiveness, efficiency, and high attractiveness as a medium of instruction, computer peripherals.

Detail Jurnal