Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMKN 1 SUMENEP
    Penulis : Zulfatun Najmah
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Najmah, Zulfatun. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Project Based Learning, Pemrograman Dasar Pembelajaran pemrograman dasar menekankan pada pemberian pemahaman dan penerapan latihan secara langsung, agar siswa menjadi aktif dan respon siswa baik. Pembelajaran pemrograman dasar yang dilakukan di SMKN 1 Sumenep memberikan penjelasan dan berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan mengakibatkan respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran pemrograman dasar. Indikator suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila tiga dari lima indikator sudah terpenuhi, yaitu (1) aktivitas guru minimal baik; (2) aktivitas siswa selama pembelajaran minimal baik; (3) hasil belajar siswa tuntas yaitu minimal KKM; (4) rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol; (5) respon siswa terhadap pembelajaran minimal baik. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir. Kelas yang digunakan pada penelitian ini yaitu 2 kelas yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) keterlaksanaan pembelajaran guru selama 3 pertemuan sebesar 83,33% dengan katagori baik sekali, (2) aktivitas siswa selama 3 pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 79,19% dengan katagori aktif, (3) hasil belajar siswa secara klasikal menunjukkan ketuntasan hasil belajar sebesar 82 %, (4) rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 80,59 dan kelompok kontrol sebesar 76,67, (5) respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 73,40% dengan katagori baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pretest ke posttest yang dilihat dari nilai gain ternormalisasi sebesar 0,571 yang termasuk kategori sedang. Kelima indikator tersebut sudah terlaksana dengan baik. Pada uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,158 > 1,693 dengan taraf signifikansi ? = 0,05. Demikian dapat disimpulkan bahwa kelima indikator terlaksana dengan baik sehingga dikatakan model pembelajaran Project Based Learning “efektif” pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMKN 1 Sumenep.

    Abstraction

    Najmah, Zulfatun. 2017. The Effectiveness of Project Based Learning Model on Basic Programming Subject. Thesis, Informatics Education Department, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor 1 Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd. Advisor II Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd. Keywords: Effectiveness, Project Based Learning, Basic Programming. Basic programming learning emphasizes the provision of understanding and implementation of the exercise directly, so that the students become active and give a good response. The basic programming learning conducted at SMKN 1 Sumenep provided explanation and teacher-centered, so the students are less active in learning and it gave a bad effect in students' learning responses. This research is aimed to know the effectiveness of Project Based Learning model on Basic Programming subject. The learning process indicators can be said to be effective if three of the five indicators are fulfilled, namely (1) a good minimal teachers’ activity during learning process, (2) a good minimal students’ activity during learning process, (3) a good minimal students’ learning outcomes, (4) the average learning outcomes of the experimental group is higher than the control group; (5) a good minimal students’ respond to the learning process. The kind of this research is True Experimental used pretest and posttest of design group control. The sample was taken by Probability Sampling technique with kind of Simple Random Sampling. This study used pretest and posttest to determine initial and final capabilities. The Classes used in this study are 2 different classes Based on the result of the research, it were found that: (1) the implementation of teacher learning during 3 meetings was 83,33% with very good category, (2) the students’ activity during 3 meetings got 79,19% with active category, (3) the students’ response obtained an average of 73,40% with a good category, (4) the students’ learning outcomes showed the criteria of success was 82%. The improvement of students’ learning outcomes from pretest to posttest which was seen from the gain value normalized 0,571, which was classified as moderate. The five indicators have been implemented well. On t-test, it was obtained the result of t-count > t-table was 2,158 > 1,693 with significance level ? = 0,05. Thus, it can be concluded that the five indicators have conducted well, so it can be said that Project Based Learning model was “effective” on Basic Programming subject in SMKN 1 Sumenep.

Detail Jurnal