Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PIRANTI KOHESI DAN KOHERENSI PADA TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUL QULUB POLAGAN KECAMATAN GALIS KABUPATEN PAMEKASANPenulis : Sun NingsihDosen Pembimbing I : Sulaiman, S. Pd., M. Pd.,Dosen Pembimbing II :Ahmad Jamiāul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Kohesi merupakan kepaduan/perpautan bentuk-bentuk internal yang terdapat di dalam wacana. Sedangkan koherensi merupakan keterikatan antarkalimat yang terdapat dalam wacana sehingga memiliki makna yang berkesinambungan. Kepaduan makna dan kerapian bentuk merupakan faktor penting untuk menentukan tingkat keterbacaan dan keterpahaman wacana. Penelitian ini mengkaji tentang kohesi dan koherensi yang terdapat pada berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII, yang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penggunaan piranti kohesi gramatikal yang terdapat pada berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII; (2) Penggunaan piranti kohesi leksikal yang terdapat pada berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII; (3) Penggunaan piranti koherensi yang terdapat pada berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Piranti kohesi gramatikal yang ditemukan pada berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII berupa referensi endofora anafora, referensi endofora katafora, substitusi, dan konjungsi; (2) Piranti kohesi leksikal yang ditemukan pada berita yang ditulis oleh siswa kelas VIII berupa reiterasi/pengulangan; (3) Piranti koherensi yang ditemukan pada berita yang dituis oleh siswa kelas VIII berupa hubungan sebab-akibat. Penelitian ini memberikan manfaat terhadap pembelajaran menulis, khususnya dalam penilaian kohesi dan koherensi pada pembelajaran menulis berita.
AbstractionCohesion is the cohesiveness of internal forms within the discourse. While, coherence is the interconnectedness among sentences within the discourse, so it has a continuous meaning. The integration of meaning and orderliness of form is an important factor for determining the level of readability and discourse understanding. This study examines the cohesion and coherence contained in news written by eighth grade students which has an objective to describe (1) The use of grammatical cohesion tools contained in news written by eighth grade students; (2) The use of lexical cohesion tool contained in news written by eighth grade students; (3) The use of coherence tool contained in news written by eighth grade students. Method that used in this study is qualitative descriptive. The results of the study show that (1) Grammatical cohesion tools found in news written by eighth grade students are anaphora endophora references, cataphora endophora references, substitutions, and conjunctions; (2) Lexical cohesion tool found in news written by eighth grade students is reiteration/repetition; (3) Coherence tool found in news written by eighth grade students is causality. This study provides benefits to writing learning, especially in the assessment of cohesion and coherence in news writing lesson.