Detail Karya Ilmiah

  • KESALAHAN SINTAKSIS PADA KARANGAN NARASI SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII MTSN BANGKALAN
    Penulis : Ulul Albabiyatul Husna
    Dosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Ulul Albabiyatul Husna. 2017. Kesalahan Sintaksis pada Karangan Narasi Siswa dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Bahasa Indonesia Kelas VII MTsN Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. (2) Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan implikasi kesalahan sintaksis yang meliputi: (1) kesalahan frasa pada karangan narasi siswa, (2) kesalahan kalimat pada karangan narasi siswa terhadap pembelajaran teks bahasa Indonesia kelas VII MTsN Bangkalan. Sumber data penelitian ini adalah dokumen berupa karangan narasi siswa yang ditulis setelah melalui proses pembelajaran. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi terus terang ketika proses pembelajaran, hingga siswa mampu menulis karangan narasi yang merupakan dokumen dalam penelitian ini. Selain itu, wawancara juga dilakukan dalam penelitian ini guna memperoleh gambaran dan memperjelas informasi. Data dalam penelitian ini adalah kalimat yang mengalami kesalahan sintaksis, serta implikasi kesalahan sintaksis terhadap pembelajaran teks bahasa Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan kesalahan sintaksis dari 30 karangan siswa adalah 380 kesalahan dengan perincian 232 mengalami kesalahan frasa dan 148 mengalami kesalahan kalimat. Bentuk dan implikasi kesalahan frasa terhadap pembelajaran teks bahasa Indonesia adalah adanya kesalahan pengaruh bahasa daerah, penggunaan preposisi yang tidak tepat, kesalahan susunan kata, penggunaan unsur berlebihan atau mubazir, penggunaan bentuk superlatif yang berlebihan, dan penjamakan yang ganda. Sedangkan bentuk dan implikasi kesalahan bidang kalimat, yaitu: kalimat yang tidak bersubjek, kalimat buntung, antara predikat dan objek yang tersisipi, kalimat tidak logis, penghilangan konjungsi, penggunaan konjungsi berlebihan, urutan kalimat yang tidak pararel, penggunaan istilah asing, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu. Adanya kesalahan-kesalahan dalam karangan siswa, mengharuskan perhatian untuk menyediakan bahan ajar baru, menghargai karya siswa, mengutamakan berbahasa Indonesia, membudayakan mengajar dengan bahasa Indonesia, dan mendidik siswa mengenal sintaksis sederhana. Kata Kunci: kesalahan sintaksis, karangan narasi, pembelajaran teks

    Abstraction

    Ulul Albabiyatul Husna. 2017. Syntax Error in Student Narration Essay and Effect Againts Indonesian Text Education Process in Seventh Grade of Islami Junior High School Bangkalan. Thesis. Indonesian Literature and Language Education Program, Faculty of Knowledge Education, University of Trunojoyo Madura. Adviser: (1) Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. (2) Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Abstract: This research aim is to describe the mistaken dan effect syntacsis form which includes: (1) phrase errors in student narrative text, (2) sentence errors in student narrative text to Indonesian text education process at seventh grade in Bangkalan Islamic Junior High School. The source of this research data is a student form document narratives that has been written after the learning process. The data collection of this research is done by observe when the learning process is occuring, until the student is able to write essay as the document in this research. In addition, interviews were also conducted in this study in order to obtain an overview to get the clear information. The data in this study are sentences that have syntactic errors, as well as the implications of syntax error on learning Indonesian text. Qualitative approach is use in this research with descriptive method. The data analysis process is done by reduction, presentation, and conclusion. To check the validity on this research, researcher use triangulation technique. The results show the total number of syntacsis errors from 30 student essays is 380 errors with details from 232 of phrase errors and 148 of sentence errors. The phrase error and implication to Indonesian text education is caused by the influence of local languages, wrong in using prepositions, wrong sentence, much sentence element usage, much of superlative forms usage, and doubling the plural. Then the cause of the sentence errors and implication are: the sentence is don’t have subject, stump sentence, an insert between predicate and the object element, non logical sentence, conjunction element remove, much of conjunctions usage, the non parallel order of sentences, use of foreign terms, and usage of unneeded question word. The presence of errors in the student’s narrative essays, indicates that there should be an attention to news interesting teaching materials, appreciate the work of students, prioritize Indonesian language, to develop the teaching method using Indonesian language, and educating students to know the basic syntax. Keywords: syntax error, narrative essay, learning text

Detail Jurnal