Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MEDIA VIDEO IKLAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII MTs NEGERI BANGKALANPenulis : AMALIA ANGGI TRINADosen Pembimbing I : Sulaiman S.Pd., M.Pd.,Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Banyaknya iklan ditelevisi yang kurang mendidik, media pembelajaran yang monoton, dan minat menulis yang rendah. Peneliti mencoba untuk menggunakan video iklan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis. Maka rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media video iklan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh media video iklan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Media merupakan alat untuk berkomunikasi antara pengirim dengan penerima pesan, supaya penerima lebih memahami apa yang dimaksudkan oleh pengirim pesan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian true experimental design dengan metode pretest- posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan VIIE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan pengamatan. Pengujian validitas menggunakan uji validitas kontruks dan pengujian reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Setelah data dikatakan valid dan reliebel maka dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas dengan resiko kesalahan 5%. Pengolahan data menggunakan uji-t dengan syarat kedua sampel berdistribusi normal dan bervarian homogen. Hasil uji-t menggunakan sampel berkorelasi maka diperoleh hasil uji-t pretest kelas kontrol dan eksperimen adalah -2,0154 ? 0,179 ? 2,0154. Menurut kriteria pengujian uji t jika -ttabel ? thitung ? ttabel, maka Ho diterima, sehingga tidak terdapat perbedaan kemampuan awal antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan, hasil uji-t posttest kelas kontrol dan eksperimen adalah -2,0154 ? - 2,779 ? 2,0154. Menurut kriteria pengujian uji t jika thitung ? ttabel, maka Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan kemampuan akhir antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata Kunci : Media Iklan, Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
AbstractionThe number of advertisement on television that are less of education, a monotonous learning media, and low interest in writing. The writer used advertisement as a media of learning in improving writing skills. The research problem in this study is how does video advertising media influence on the ability in writing observation reports. This study aims to determine the influence of video advertising media on the ability to write text reports of observations. Media is a means to communicate between the sender and the recipient of the message, so that the recipient understand what is meant by the sender. This quantitative research applied true experimental design and pretest-posttest control group design method. The sample usedin this research is class VII C as control class and VII E as experiment class. This study used test, interviews, and observations as the techniques of collecting data. The calibration of validityemployed validity test while reliability calibration used alpha cronbachtest. After the data was valid and reliable, then the writer conducted the prerequisite testnamely normality and homogeneity with 5% error risk. The data processing used t-test provided that both samples should be normally distributed and homogeneous. The result of correlated sample of t-test obtained -2,0154 ? 0,179 ? 2,0154of control and experiment class. According to the criterion of the test t test if t-ttabel ? thitung ? ttabel, then Ho is accepted, so there is no difference in initial ability between the control class learner and the experimental class. Meanwhile, the result of posttest t-test of control and experimental class is -2.0154 ? - 2,779 ? 2.0154. According to t test criteria if thitung ? ttabel then Ho is rejected, so there is difference between the final ability of control class learners and experiment class. Key Word : Advertisement Media, Through Writing Observation Reports Ability