Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DALAM DISKUSI MAHASISWA SEBAGAI PENUNJANG KETERAMPILAN BERBICARA ILMIAHPenulis : Ulfah AimunaDosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini dilakukan karena sering ditemukan kesalahan berbahasa tataran sintaksis dalam diskusi mahasiswa. Hal itu menyebabkan mahasiswa kurang terampil dalam berbicara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan sintaksis dalam diskusi mahasiswa untuk menunjang keterampilan berbicara ilmiah mereka. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa PBSI UTM angkatan 2013 semester 6 kelas C pada mata kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa yang berjumlah 43 orang. Data penelitian ini berupa tuturan mahasiswa yang mengandung kesalahan berbahasa tataran sintaksis, yaitu bidang frasa dan kalimat. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak libat cakap, rekam, dan catat. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kemudian, keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan kesalahan sintaksis dalam diskusi mahasiswa. Kesalahan sintaksis bidang frasa disebabkan oleh adanya pengaruh bahasa daerah, penggunaan preposisi yang tidak tepat, susunan kata yang tidak tepat, dan penggunaan unsur yang berlebihan atau mubazir. Kemudian, kesalahan sintaksis bidang kalimat disebabkan oleh kalimat tidak bersubjek, kalimat tidak berpredikat, kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat (kalimat buntung), penggandaan subjek, antara predikat dan objek yang tersisipi, kalimat yang tidak logis, kalimat yang ambiguitas, penghilangan konjungsi, penggunaan kojungsi yang berlebihan, urutan yang tidak paralel, penggunaan istilah asing, dan penggunaan kata tanya yang tidak perlu. Implementasinya terhadap keterampilan berbicara ilmiah yaitu mahasiswa menjadi lebih terampil memilih kata-kata yang baku dan menyusun kalimat yang baik dan benar.
AbstractionThe background of this research is often found syntax errors in students discussion. It causes the students are less skilled in scientific speech. The purpose of this tudy is to describe syntactic error in student discussion as support of scientific speech. Source of data in this research was students of Indonesian language and literature education of University of Trunojoyo Madura generation 2013, students of "C" class, 6th semester in subject “analysis of language errors” which amounted to 43 students. Data of this resarch was student's speech which contains syntax errors, such as phrases and sentences. The approach of this research was qualitative approach with descriptive method. Method of collecting data was “simak” technique. It uses basic technique tapping and advanced technique “simak libat cakap”, record, and noted. After data was obtained, it analyzed by data reduction, data presentation, and conclusion (verification). Then, validity of data was tested by source of triangulation. The results of this research found syntax error in students’ discussion. The syntactic error of the phrase field caused by the influence of the local language, the inappropriate use of prepositions, the improper wording, and the excessive or redundant use of elements. Then, the syntactical error of the sentence field caused by no subject sentence, unpredicated sentence, no subject and no predicated sentence (stump sentence), duplicate subjects, between predicates and inserted objects, illogical sentence, ambiguous sentence, conjunctive disappearances, excessive use of coaxialities, non-parallel sequences, the use of foreign terms , and unnecessary question words. The implementation of the use of good and correct sentences in scientific speech skills will make students become more skilled in choosing standard words and composing good and correct sentences.