Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MOROLOGI DALAM KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMPN 1 KAMAL
    Penulis : ERIE MAFTUKHA KHOIRIYAH
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ika Febrianti, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Surat pribadi merupakan salah satu keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Indonesia dengan mengungkapkan perasaan yang dirasakan dalam bentuk surat pribadi yang berfungsi sebagai media komunikasi secara tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran morfologi dalam keterampilan menulis surat pribadi siswa Kelas VII SMPN 1 Kamal yang meliputi (1) bentuk kesalahan afiksasi, dan (2) bentuk kesalahan reduplikasi dalam keterampilan menulis surat pribadi siswa Kelas VII SMPN 1 Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata yang mengandung kesalahan afiksasi dan reduplikasi dalam surat pribadi yang ditulis oleh siswa Kelas VII SMPN 1 Kamal. Sumber data yang digunakan untuk memperoleh data penelitian ini adalah surat pribadi yang ditulis oleh siswa Kelas VII SMPN 1 Kamal. Sumber data yang terkumpul dalam penelitian ini berupa 30 surat pribadi yang ditulis oleh siswa Kelas VII SMPN 1 Kamal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data interaktif dengan konsep Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini berupa deskripsi bentuk kesalahan proses morfologi yang berupa kesalahan afiksasi dan kesalahan reduplikasi. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk kesalahan afiksasi berupa kesalahan penulisan afiks, penghilangan afiks, pemakaian afiks yang tidak tepat, dan penyingkatan morfem. Bentuk kesalahan reduplikasi yang ditemukan dalam penelitian ini, berupa kesalahan penulisan pada kata ulang asli dan kata ulang tidak asli karena penggunaan simbol (×× dan ²), penulisan kata ulang yang tidak ada tanda penghubung diantara kedua unsurnya, dan penulisan bentuk kata ulang yang tidak diulang. Kata kunci: kesalahan berbahasa, morfologi, afiksasi, reduplikasi, surat pribadi

    Abstraction

    Abstract: Personal letter is one of writing skills in Indonesian language lesson by expressing perceived feeling in the form of a personal letter that serves as a indirect communication media. This study has an objective to describe the form of morphological language error in personal letter writing skill of seventh grade students of SMPN 1 Kamal that includes (1) the forms of affixation errors, and (2) the forms of reduplication errors of seventh grade students of SMPN 1 Kamal. The study used qualitative descriptive research approach. Data in this study were words that contain affixation and reduplication errors in the personal letter written by seventh grade students of SMPN 1 Kamal. Source of data in this study was the personal letter written by seventh grade students of SMPN 1 Kamal. The source of data collected in this study was 30 personal letters written by seventh grade students of SMPN 1 Kamal. Technique of collecting data used technique of observation and documentation. Technique of analyzing data used interactive data analysis with Miles and Huberman concepts. Checking the validity of data was done by tecnique triangulation. The results of this study are description of the form of morphological process errors in the form of affixation errors and reduplication errors. Based on the results of the study, the forms of affixation errors are affixes writing error, omission of affixes, improper use of affixes, and morpheme abbreviation. The forms of reduplication errors found in this study are error writing on original reduplication and the reduplication is not genuine because of the use of symbols (×× and ²), the writing of reduplication without hyphen between the two elements, and the writing of reduplication that does not repeated. Keywords: laguage error, morphological, affixation, reduplication, personal letter

Detail Jurnal