Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUKAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMPN 2 KAMAL
    Penulis : Grasia Wahyu Kharisma
    Dosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami'ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Grasia Wahyu Kharisma. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Berbantukan media boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMPN 2 Kamal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. (2) Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd M.Pd. ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh pada Penerapan metode role playing berbantukan media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMPN 2 kamal. Penelitian ini menggunakan design True eksperimental dengan bentuk design pretest postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kamal. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, dengan pengambilan secara acak menggunakan teknik lempar koin, yang kemudian didapat kelas VII-B dengan 23 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII-E dengan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh melalui tes unjuk kerja yang dilakukan oleh siswa, Sedangkan observer dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik dengan rumus uji-t. Hasil uji-t Independent diperoleh nilai Thitung 4,1724 > Ttabel 2.01. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode role playing berbantukan media boneka tangan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMPN 2 Kamal. Rata-rata persentase keseluruhan aktivitas siswa pada kelas eksperimen pretest dan postest sebesar 69% dan 82% secara keseluruhan, siswa kelas eksperimen dikategorikan sangat aktif, sedangkan pada kelas kontrol pretest dan postest persentase aktivitas siswa diperoleh 66% dan 76% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa aktivitas siswa sangat aktif dalam pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode role playing berbantukan media boneka tangan. Kata Kunci: Keterampilan berbicara, metode role playing, media boneka tangan

    Abstraction

    Grasia Wahyu Kharisma. 2017. The Effect of Implementation of Role Playing Method with Hand Puppet Media on the Speaking Skill of Seventh Grade Students of SMPN 2 Kamal. Skripsi, Indonesian Literature and Language education Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: (1) Khusnul Khotimah, S.S., M.Pd. (2) Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd M.Pd. ABSTRACT Abstract: This study has an objective to find the effect of the implementation of role playing method with hand puppet media on the speaking skill of seventh grade students of SMPN 2 Kamal. This study used true experimental design with pretest postest control grup design. The population of this study is all seventh grade students of SMPN 2 Kamal. Sampling of this study used simple random sampling, with random picking by using a coin-throw technique, which then obtained class VII-B with 23 students as experimental class, and class VII-E with 24 students as control class. Data collection is obtained through performance test conducted by students, while the observer in this study is an Indonesian language teacher. Then, the collected data are analyzed by using statistic with t-test formula. The results of the Independent t-test obtain the value of Tcount that is 4,1724 > Ttabel that is 2.01. Based on the results of the study, it can be concluded that there is a significant effect of the implementation of role playing method with hand puppet media on the speaking skill of seventh grade students of SMPN 2 Kamal. The average of overall percentage of students’ activity in pretest and postest experimental class is 69% and 82%, the students of experimental class are categorized as very active, whereas in pretest and postest control class, the percentage of students’ activity obtains 66% and 76% with active category. Therefore, it can be concluded that the students’ activity is very active in speaking class by using role playing method with hand puppet media. Keywords: Speaking skill, role playing method, hand puppet media

Detail Jurnal