Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasan
    Penulis : Yusuf Abdullah
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khairul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan yaitu, menulis, membaca, menyimak, dan mendengarkan. Siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasan memiliki kesulitan untuk memulai menulis. Maka, perlu strategi yang tepat agar siswa tidak kesulitan untuk menulis yaitu dengan cara dibantunya alat media pemutaran video dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini yaitu, bagaimana analisis penerapan media video dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasan. Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan media video dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan kejadian yang terjadi selama proses penelitian berlangsung. Objek penelitian ini siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pamekasan. Pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dan informan pada penelitian ini yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media video dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa mendapatkan respon yang baik melalui pemutaran video drama, sehingga siswa antusias dan semangat saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Penerapan Media Video, Menulis Naskah Drama, Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pamekasan.

    Abstraction

    Abstract: Education is very important for life. Learning Bahasa Indonesia has four skills namely, writing, reading, listening, and listening. Students of grade XI SMA Negeri 2 Pamekasan have difficulty to start writing. So, need the right strategy so that students do not trouble to write that is by way of assisted media tool of video playback in learning. In this research is, how the analysis of the application of video media in the learning of writing drama script of class XI students SMA Negeri 2 Pamekasan. The purpose of this research is to describe the implementation of video media in learning to write drama script of class XI students of SMA Negeri 2 Pamekasan. This study uses a qualitative approach with descriptive method that describes the events that occur during the research process took place. The object of this research is students of class XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pamekasan. Data collection in this research is observation, interview, and documentation. The research instrument is self-researcher and informant in this research that is teacher and student. The results of this study indicate that the application of video media in learning to write drama script students get a good response through video playback drama, so that students are enthusiastic and enthusiasm when learning takes place. Keywords: Implementation of Video Media, Writing Drama, Student Class XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pamekasan.

Detail Jurnal