Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Penerapan Pembelajaran Puisi dengan Model Sosiodrama di Kelas VII MTs Al-Ishlah Bilaporah Barat Ganding Sumenep
    Penulis : Moh. Makhtum
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd,. M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak : Proses pembelajaran harus mampu membuat kondisi di dalam kelas aktif, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran puisi dengan model sosiodrama di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan pembelajaran puisi dengan model sosiodrama di kelas VIII Madrasah Tsanawaiyah AL-Ishlah Bilapora Barat Ganding Sumenep. Tujuan dalam penelitian ini untuk Mendeskripsikan penerapan pembelajaran puisi dengan model sosiodrama dalam di kelas VIII Madrasah Tsanawaiyah AL-Ishlah Bilapora Barat Ganding Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan kejadian yang terjadi selama proses penelitin berlangsung. Objek penelitian ini guru dan siswa kelas VII MTs Al-Ishlah Bilapora Ganding Sumenep. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dan informan pada penelitian yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama mendapatkan respon yang baik dari siswa dapat dilihat dari antusias dan semangat siswa saat pembelajaran berlangsung. Maka dapat disimpulkan, penerepan metode sosiodrama dalam pembelajaran puisi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Sosiodrama, Partisipasi siswa, Pembelajaran Puisi, siswa kelas VII MTs Al-Ishlah Bilapora Ganding Sumenep

    Abstraction

    Abstract: The learning process should be able to make the condition in the active class, therefore there is an need to increase the participation of students, one of them is by applying the learning model in the learning process of Indonesian language. This study aims to determine the process of learning poetry with a model of sociodrama in the classroom. The formulation of the problem in this research is how the application of learning of poetry with the model of sosiodrama in class VIII Madrasah Tsanawaiyah AL-Ishlah West Bilapora Ganding Sumenep. The purpose of this research is to describe the application of poetry learning with sociodrama model in class VIII Madrasah Tsanawaiyah AL-Ishlah West Bilapora Ganding Sumenep. This study uses a descriptive qualitative approach that describes the events that occur during the process penelitin take place. The object of this research is teacher and student of class VII MTs Al-Ishlah Bilapora Ganding Sumenep. Data collection techniques in this study are observation, interview and documentation. Research instrument that is self-researcher and informant in research that is teacher and student. The results of this study indicate that the application of sociodrama method get a good response from students can be seen from the enthusiasm and spirit of students as learning takes place. So it can be concluded, the introduction of sociodrama methods in learning poetry can improve student learning outcomes. Keywords: Sociodrama Model, Student Participation, Poetry Learning, Grade VII Student MTs Al-Ishlah Bilapora Ganding Sumenep

Detail Jurnal