Detail Karya Ilmiah
-
PEMBELAJARAN MENULIS PETA PIKIRAN/RANGKUMAN ALUR TENTANG ISI BUKU FIKSI MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAP BAGI SISWA KELAS VII-D SMPN 1 TROWULANPenulis : Pratiwi Tri SetyawatiDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, M.PdDosen Pembimbing II :Abdul Rosid, M.Pd.Abstraksi
Pratiwi Tri Setyawati. 2018. Pembelajaran Menulis Peta Pikiran/Rangkuman alur tentang Isi Buku Fiksi menggunakan Media Mind Map bagi Siswa Kelas VII-D SMPN 1 Trowulan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Trunojoyo Madura, Pembimbing I: Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd., Pembimbing II: Abdul Rosid, M.Pd. ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran siswa kelas VII-D SMPN 1 Trowulan dalam materi menulis peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi yang dibaca dan untuk mendeskripsikan pembelajaran siswa kelas VII-D SMPN 1 Trowulan dalam materi menulis peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi yang dibaca dengan menggunakan media mind map. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan analisis data berupa proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media mind map. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMPN 1 Trowulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebelum menggunakan media mind map pembelajaran menulis peta pikiran/rangkuman alur tentang sisi buku fiksi sangat monoton dikarenakan guru bahasa Indonesia kelas VII-D hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan media pembelajaran, pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa banyak yang merasa bosan untuk mengikuti pembelajaran, dan siswa banyak yang mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya. Hal itu berakibat pada tugas menulis peta pikiran dan rangkuman alur tentang isi buku fiksi yang dibaca mereka. Sesudah menggunakan media mind map, pembelajaran menulis peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi mengalami perubahan dan kemajuan. Dengan menggunakan mind map siswa jadi lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti pembelajaran, siswa juga lebih tertib dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung, siswa juga jauh lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal itu juga berpengaruh pada tugas menulis peta pikiran dan rangkuman alur tentang isi buku fiksi yang dibaca mereka. Dari keduapuluhtujuh siswa, hanya tiga orang saja yang tidak sesuai dengan harapan, baik itu dalam menulis peta pikiran ataupun menulis rangkuman alur tentang isi buku fiksi. Kata kunci: Mind map, menulis, peta rangkuman.
AbstractionPratiwi Tri Setyawati. 2018. Learning to Write a Mind Map / Summary of the flow of the contents of the Fiction Book using the Media Mind Map for Students of Class VII-D Trowulan Junior High School 1, Thesis, Indonesian Language Education Program, Trunojoyo Madura University, Advisor I: Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd. , Advisor II: Abdul Rosid, M.Pd. ABSTRACT Abstract: This study aims to describe the learning of grade VII-D students of SMPN 1 Trowulan in the material of writing a mind map / summary of the flow of the contents of a fiction book that is read and to describe the learning of students of class VII-D TPN. about the contents of fiction books that are read using mind map media. This study is a qualitative case study using data analysis in the form of a learning process before and after using mind map media. Objects in this study were students of class VII-D of Trowulan Junior High School 1. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study before using mind map media learning to write a mind map / summary of the flow about the side of the fiction book is very monotonous because the Indonesian teacher class VII-D only uses the lecture method without using learning media, learning is still teacher-centered, students are less active in learning many students feel bored to take part in learning, and many students talk to themselves with their peers. This resulted in the task of writing mind maps and summaries of the flow of the contents of the fiction books they read. After using mind map media, learning to write a mind map / summary of the flow of the contents of a fiction book changes and progresses. By using mind maps students become more interested and enthusiastic to follow learning, students are also more orderly in following the learning process that takes place, students are also much more active in learning. It also affects the task of writing mind maps and summaries of the flow of the contents of the fiction books they read. From the twenty-seventh students, only three people were not in line with expectations, either in writing a mind map or writing a summary of the flow of the contents of a fiction book. Keywords: Mind map, writing, summary map.