Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BURNEHPenulis : Syaiful BahriDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi dan kesalahan penulisan huruf kapital, kata depan, dan tanda baca pada karangan deskripisi siswa kelas VII-B SMP Negeri 2 Burneh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Data dalam penelitian berjumlah 34 karangan deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan simpulan. Keabsahan data diperoleh menggunakan trigulasi sumber. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti pertama, kemampuan siswa menulis karangan deskripsi berdasarkan aspek isi, karakteristik, dan pendekatan dinyatakan sudah mampu menulis. Kedua, kesalahan penerapan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa ditemukan 371 kesalahan terdiri atas (1) terdapat 260 kesalahan penggunaan huruf kapital yang meliputi: 41 kesalahan awal kalimat, 16 unsur nama orang, 173 kesalahan di petengahan kata, 5 kesalahan nama geografi, 1 kesalahan hari besar atau hari raya, 22 kesalahan judul karangan, dan 6 kesalahan hubungan kekerabatan. (2) 27 kesalahan pemakaian kata depan yang meliputi: 22 kesalahan penulisan kata di dan 5 kesalahan penulisan kata ke. dan (3) 84 kesalahan penggunaan tanda baca yang meliputi: 37 kesalahan penggunaan ‘tanda titik’, 28 kesalahan penggunaan ‘tanda koma’, dan 19 kesalahan penggunaan ‘tanda hubung’. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Berbahasa, Karangan Deskripsi, Ejaan
AbstractionABSTRACT Abstract: This study aims to determine the ability of students in writing essays and errors of capital letters, prepositions, and punctuations on student description essay class VII-B SMP Negeri 2 Burneh. The theory used in this research is Description essay and General Guidelines of Indonesian Spelling. This research uses descriptive qualitative approach. The data in the study are amounted to 34 essays of student description. The techniques of collecting the data are observation, interviews, documentation. The techniques of analyzing the data are 1) data reduction, 2) data presentation, and 3) drawing conclusions. The validity of the data is obtained using source triangulation. The results of research conducted by the first researcher, students' ability to write description essay based on content aspect, characteristic, and approach stated have been able to write. Secondly, the error in applying the Indonesian Spelling General Guidelines to the student description essay found 371 errors, consists of (1) there were 260 capitalization errors that included: 41 initial sentence errors, 16 person names, 173 mistakes in the middle of a word, 5 geographical errors, 1 big day or holiday error, 22 title errors, and 6 errors of kinship. (2) 27 using preposition errors that include: 22 preposition errors di and 5 preposition errors ke. (3) 84 punctuation errors that include: 37 misuse of 'dot', 28 misuse of 'comma', and 19 misuse of 'hyphen'. Keywords: Analysis, Language Error, Description Essay, Spelling