Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS PADA PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KAMAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
    Penulis : NURI HAMILATUR RIZKIYAH
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II : Ika Febriani, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Ketertarikan peneliti menjadikan SMP Negeri 1 Kamal sebagai objek penelitian dengan judul “Analisis Kesalahan Sintaksis pada Penulisan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kamal Tahun Pelajaran 2017/2018” karena SMPN 1 Kamal merupakan sekolah strategis, SMPN 1 Kamal menjadi sekolah favorit karena anak didiknya tidak hanya berasal dari Madura tetapi juga dari berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan penggunaan frasa pada penulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Kamal. (2) mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat pada penulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Kamal. (3) mendeskripsikan kesalahan penggunaan ejaan yang disempurnakan pada penulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Kamal. Objek penelitian ini adalah kalimat pada penulisan teks deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik catat dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan penggunaan frasa pada penulisan teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kamal Tahun Pelajaran 2017/2018 meliputi lima kesalahan yaitu adanya pengaruh bahasa daerah, penggunaan preposisi tidak tepat, susunan kata tidak tepat, penggunaan superlatif yang berlebihan, dan penjamakan yang ganda. Kesalahan penggunaan kalimat pada penulisan teks deskripsi siswa kelas VII meliputi enam kesalahan yaitu penggandaan subjek, kalimat tidak bersubjek dan berpredikat (kalimat buntung), kalimat yang ambigu, penghilangan konjungsi, penggunaan konjungsi yang berlebihan, dan kata tanya yang tidak perlu. Terakhir, kesalahan pada penulisan teks deskripsi siswa kelas VII yaitu penggunaan huruf kapital dan penggunaan tanda baca. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Berbahasa, Sintaksis.

    Abstraction

    Abstract: The interest of writer to make SMP Negeri 1 Kamal as study object with title “Analysis of Syntax Error in the Writing of the Text Description of Seventh Grade Students SMPN 1 Kamal Academic Year 2017/2018” because SMPN 1 Kamal is strategic school, SMPN 1 Kamal became a favorite school because its students not only come Madura but also from various regions. This study aims to (1) describe the errors of using phrase in the descriptive text writing of seventh grade students of SMPN 1 Kamal. (2) describe the errors of using sentence in the descriptive text writing of seventh grade students of SMPN 1 Kamal. (3) describe the errors of using enhanced Indonesian spelling system in the descriptive text writing of seventh grade students of SMPN 1 Kamal. The object of this study is the sentence in students’ descriptive text writing. Techniques of collecting data used in this study are technique of record and documentation. Techniques of analysis data are data collection, data reduction, data display, and drawing conclusion and verification. Validity of the data is obtained by using technique of triangulation method. The results of the study show that the errors of using phrase in the descriptive text writing of seventh grade students of SMPN 1 Kamal include five errors, namely local language influence, improper use of prepositions, improper wording, excessive superlative usage, and double pluralization. The errors of using sentence in the descriptive text writing of seventh grade students of SMPN 1 Kamal include six errors, namely the subtitle of the subject, no subject and predicate (stump sentence), ambiguous sentences, the omission of conjunctions, excessive use of conjunctions, and unnecessary question mark. Lastly, the error in writing the text description of seventh grade students of SMPN 1 Kamal is the error of capitalization and misuse of punctuation. Keywords: Analysis, Language Usage Errors, Syntaxes.

Detail Jurnal