Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MEDIA KLIPING BERITA BERVARIASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGKALANPenulis : USWATUN KHASANAHDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd,Dosen Pembimbing II :Abdul Rasid, M. Pd.Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Oleh karena itu guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menerapkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita adalah media kliping berita bervariasi. Media kliping berita bervariasi dipilih karena terdapat langkah-langkah menulis teks berita dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengembangkan unsur-unsur berita serta struktur berita yang terdiri dari judul berita, teras berita, dan tubuh berita. Berdasarkan latar belakang peneliti merumuskan masalah yaitu “bagaimana kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkalan”, dan “bagaimana pengaruh media kliping berita bervariasi terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkalan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkalan dan pengaruh media kliping berita bervariasi terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 165 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan menulis teks berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji signifikansi (uji-t) memperoleh nilai ???? sebesar 16,195 lebih besar dari ???? ???????????????????? ix ????????????????????? 2,042 pada taraf signifikan a = 0,05, artinya terdapat pengaruh media kliping berita bervariasi terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkalan. Kata kunci: Media Kliping Berita Bervariasi, Menulis Teks Berita.
AbstractionThe research has a background of the low level in students writing ability of news text. Therefore, the teachers need to design an interesting learning activities by applying learning media. One of the learning media that can be used to improve the students writing ability of news text is various news clipping media. Various news clipping media was choosen by teachers because there are some writing steps in news text that is can improve students ability in developing news element and news structure that consisting of news title, news terrace, and news body. Based on the background of the research, the researcher formulate the problem is “how the students writing ability in news text at VIII grade of SMPN 3 Bangkalan, The purpose of thid study is to determine the students writing ability of news text at VIII grade of SMPN 3 Bangkalan, and the influence of various news clipping media toward students writing ability of news text at VIII grade of SMPN 3 Bangkalan”. This research is a quantitative experimental reasearch with quasy experimental method. The population of this study is all of students at VIII grade with total number 165 students and the sample was taken using purposive sampling. The main instrument in this study using writing text news text. The result of this study shows the significant test (t-test) got t-value score was 16,195 bigger than t-table 2,042 with the level of significant a=0,05, it means that there is influence of various news clipping media toward students writing ability in the news text at VIII grade of SMPN 3 Bangkalan. Key word: Various News Clipping Media, News Text Writing.