Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Keterampilan Menyimak Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bangkalan
    Penulis : nadiya
    Dosen Pembimbing I : sulaiman M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Abdur rosid M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnnya antusias siswa dalam kegiatan menyimak, terutama dalam kegiatan menyimak berita. Semakin berkembangnya inovasi penggunaan strategi pembelajaran akhir-akhir ini, peneliti mengembangkan penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan menyimak berita dengan harapan dapat mendorong minat belajar siswa dalam keterampilan menyimak. Strategi pembelajaran Ekspositori termasuk salah satu strategi pembelajaran yang sudah banyak diterapkan dalam dunia pendidikan. Tetapi dalam penggunaan strategi pembelajaran tersebut, perlu diperhatikan apakah penerapan strategi pembelajaran tersebut efektif atau tidak. Oleh karena itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menyimak berita siswa, dan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII SMPN 4 Bangkalan. Untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Pada rumusan masalah yang pertama jawaban bahwa keterampilan menyimak berita pada siswa SMP 4 Bangkalan diperoleh nilai rata-rata 71,8 yang termasuk kategori rendah karena nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, namun terjadi peningkatan setelah penerapan strategi pembelajaran ekspositori dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 86,9. Sedangkan pada rumusan masalah yang kedua diperoleh jawaban bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada strategi pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan menyimak berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bangkalan. Hal itu dapat dilihat dari nilai yang diperoleh thitung sebesar 2,75 dan ttabel sebesar 1,99, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

    Abstraction

    This research is motivated by the lack of enthusiasm of students in listening activities, especially in listening to the news. The innovation of use learning strategy has been growing so that, the researcher develops and applys the expository of learning strategy to the skill of listening in news, hopefully it can be increase the interesting of students in skill of listening the news. The strategy of expository learning is one of learning strategy that has applied in educations. But in use learning strategy that have to pay attentions in order to the activity become effective. So that, the purpose of this researcher to know the skill of students in listening the news, and to know the effect of strategy of expository learning to the skill of VIII class SMP Negeri 4 Bangkalan in listening the news. The research design in this study is quantitative, and the method is observation and writing fest. The answer of first research problem in listening the news, is 71,8 which include the low category because the completeness criteria is 75, but it increase after applying the strategy of expository learning with the average score obtained 86,9. While in the answer of second research problems has significant influence to strategy of expository learning to the skill of listening the news in students of VIII class SMP Negeri 4 Bangkalan. The score that the reshearcher got amount 2,75 and the tabel amount 1,99, so that Ho is rejected and Ha accepted.

Detail Jurnal