Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE KONSTRUKTIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017Penulis : Murni Nur Indah SariDosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S., M.PdDosen Pembimbing II :Ahmad Jamiāul Amil, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penggunaan metode pembelajaran konstruktivistik dapat menyajikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang menarik dan dapat membangkitkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada metode konstruktivistik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan bentuk desain yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampel. Siswa kelas X MIPA 7 dijadikan kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari instrument tes yang berbentuk soal uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis menunjukkan thitung = 4,994 > ttabel = 1,996 dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak. Nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen sebesar 64,41 dan nilai postest siswa kelas eksperimen sebesar 82,79. Sedangkan nilai rata-rata pada pretest siswa kelas kontrol yaitu 63,86 dan nilai postest kelas kontrol sebesar 69,14. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode konstruktivistik dalam hasil belajar siswa dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangkalan. xxiii Kata kunci: Konstruktivistik, menulis, eksposisi
AbstractionThe use of constructivism learning methods can present interesting learning of Bahasa Indonesia and can arouse students interest in learning. This study aims to determine the significant effect on constructivism methods in learning writing exposition text toward the students learning result of class X SMA Negeri 1 Bangkalan academic year 2016-2017. This research uses Quasi Experimental Design by using type of design Nonequivalent Control Group Design. The population of this study is all of students class X SMA Negeri 1 Bangkalan. This research is done in March 2017. Sampling technique in this study was Purposive Samples. The students of class X MIPA 7 were as experimental class and the students of class X MIPA 4 as the control class. The data of students learning result obtained from the test instrument in the form of a description problem. The collected data were analyzed by using t-test formula. The result of analysis shows that t-hitung = 4,994 > t-tabel = 1,996 which can be stated that Ho was rejected. The average score of experiment class students is 64,41 and the post-test of experiment class student is 82,79. While the average score on the pre-test of control class students is 63.86 and the post-test score of control class is 69.14. Based on the results of this study, it can be concluded that there is a significant effect of constructivism methods on the result of student learning in writing exposition text of grade X SMA Negeri 1 Bangkalan. Keywords: Constructivism, writing, exposition