Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-MAIL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI PADA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANYUATES SAMPANG MADURAPenulis : Yudho ProbowardhaniDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnnya antusias siswa dalam kegiatan menulis, terutama dalam kegiatan menuli surat. Semakin berkembangnya inovasi penggunaan media pembelajaran akhir-akhir ini, peneliti mengembangkan penerapan penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan e-mail terhadap keterampilan menulis surat dengan harapan dapat mendorong minat belajar siswa dalam keterampilan menulis. Penggunaan media e-mail, tetapi dalam penggunaan media pembelajaran tersebut, perlu diperhatikan apakah penerapan pembelajaran tersebut efektif atau tidak. Oleh karena itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis surat pribadi siswa, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dengan media e-mail terhadap keterampilan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuates. Untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan, langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes tertulis. Pada rumusan masalah yang pertama jawaban bahwa keterampilan menulis surat pribadi pada siswa SMP Negeri 1 Banyuates diperoleh nilai rata-rata 16,571 yang termasuk kategori rendah karena nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 75, namun terjadi peningkatan setelah penggunaan media e-mail dalam pembelajaran menulis surat pribadi dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 17.571. Sedangkan pada rumusan masalah yang kedua diperoleh jawaban bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan media e-mail pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banyuates Sampang Madura. Hal itu dapat dilihat dari nilai yang diperoleh thitung sebesar 3,184 dan ttabel sebesar 2,004 , sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
AbstractionThe background of this research is motivated by the lack of enthusiasm of students in writing activities, especially in the writing letters activities. The growing innovation of the use of learning media lately, the researcher developed the application use learning media by using e-mail toward letter writing skill hope to encouraging students interest in writing skill. By using an e-mail media, The use of e-mail media, but in the use of learning media need to be considered whether the application of learning is effective or not. Therefore, the existance of this research aims to know the skill of personal letter writing students, and to know how influence of use the learning media using e-mail media towards personal letter writing skill on the seventh grade students of Junior High School Negeri 1 Banyuates. To answer the problems formulation, the step used in this research is a quantitative approach. Data collecting methods used are observation and written test. The answer In the first problem formulation that personal letter writing skill on student of Junior High School Negeri 1 Banyuates obtained an average score of 15.5 which belongs to low category because the value under the minimum mastery criteria of 75, But there was an increase after the use of e-mail media in personal letter writing learning with an average score of 17.5. While in the second problem formulation obtained the answer that there is a significant influence on personal letter writing skills by using the e-mail media on the seventh grade students of Junior High School Negeri 1 Banyuates. This can be seen from the value obtained tcount of 3.184 and ttable of 2.004, so Ho rejected Ha accepted.