Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dengan Media Lembar Cerita Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas X SMA Terpadu Al-Ma’arif Pangarengan Sampang
    Penulis : Filia Maya Kindi
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Pembelajaran kontekstual merupakan metode pembelajaran di dalam kelas yang dilakukan oleh guru pengajar kepada siswa dengan konsep hubungan dunia nyata ke dalam kelas dan menghubungkan antara pengetahuan yang dimiliki siswa dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menerapkan metode kontekstual karena berkaitan dengan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari sehingga membuat siswa memiliki pemahaman yang baik. Penggunaan metode kontekstual dengan media lembar cerita dimungkinkan dapat dimanfaatkan untuk efektivitas kemampuan menulis karangan narasi. Kenyataan diatas menjadi pemikiran awal bagi peneliti, yang selanjutnya terfokus pada permasalahan berikut,1) Bagaimana kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Terpadu Al-Ma’arif Pangarengan Sampang 2)Bagaimana pengaruh pembelajaran kontekstual dengan media lembar cerita terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Terpadu Al-Ma’arif Pangarengan Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas X SMA Terpadu Al-Ma’arif Pengarengan Sampang mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dikarenakan adanya penggunaan media lembar cerita sebagai media pembelajaran dalam menulis karangan narasi yang sebelumnya hanya monoton saja. Peningkatan tersebut terlihat jelas sekali dengan adanya perbedaan penelitian yang dilakukan di kelas eksperimen dan juga kelas kontrol. Pada kelas kontrol yang rata-ratanya sebesar 44,2 dan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 83,5. Aktivitas siswa di dalam kelas pun juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan menggunakan lembar cerita sebagai media pembelajaran, hal ini dapat membuat siswa lebih aktif dalam memberikan pendapat, saling membantu, dan tentunya para siswa dengan senang hati mengikuti penjelasan dari guru. Kata kunci: pembelajaran kontekstual, lembar cerita, menulis narasi.

    Abstraction

    Abstract: Contextual learning is a method of learning in the classroom conducted by teachers to students with the concept of real-world relationships into the classroom and connect the knowledge that students have with its application in everyday life. This research applies contextual method because it is related to learning in everyday life so as to make students have a good understanding. The use of contextual methods with sheet story media may be utilized for the effectiveness of narrative writing skills. The above fact becomes the initial thinking for the researcher, which then focuses on the following issues, 1) How to write the essay writing skill of the tenth grade students of Integrated Senior High School Al-Ma'arif Pangarengan Sampang 2) How is the influence of contextual learning with journal sheet story on the ability to write narrative essay on High school students of Integrated High School Al-Ma'arif Pangarengan Sampang. The results showed that the ability to write a narrative essay on the students of grade X SMA Integrated Al-Ma'arif Sampang Pengarengan increased. The increase is due to the use of sheet story media as a medium of learning in writing essay written previously only monotonous. The increase is clearly visible with the difference of research conducted in the experimental class and also the control class. In the control class the average of 44.2 and in the experimental class increased by 83.5. Student activity in the classroom also experienced a significant increase. By using the sheet story as a medium of learning, this can make students more active in giving opinions, mutual help, and of course the students are happy to follow the explanation of the teacher. Keywords: contextual learning, sheet story, writing narration.

Detail Jurnal