Detail Karya Ilmiah

  • KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA DALAM KETERAMPILAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 BANGKALAN
    Penulis : Sami Maulana
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini didasari pada pengamatan peneliti mengenai proses pembelajaran yang kurang efektif karena tidak adanya media penunjang pembelajaran. Dengan dasar seperti itu, peneliti menjadikan SMPN 4 Bangkalan sebagai objek penelitian dengan pengkajian penggunaan media terhadap siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menggetahui perbedaan kemampuan menulis berita dengan menggunakan media gambar peristiwa dan tanpa penggunaan media gambar peristiwa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Media Gambar Peristiwa dalam Keterampilan Menulis Berita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji gain. Uji normalitas dalam penelitian ini berdistribusi normal. Sedangkan, uji homogenitas bersifat homogen. Penghitungan uji t diperoleh thitung = 2,602 dan ttabel = 1,998. Jadi, dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Penghitungan uji N-Gain mendapatkan nilai Rata-rata nilai siswa dari kelas eksperimen ialah 12.11464 dan kelas kontrol ialah 11.27672. Siswa disarankan dapat memanfaatkan media gambar peristiwa dalam menulis berita khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata Kunci: keefektifan, media gambar peristiwa, menulis berita.

    Abstraction

    ABSTRACT This research is based on the observation of researchers about the less effective learning process because there is no supporting media learning. On the basis of that, the researcher makes SMPN 4 Bangkalan as the object of research with the study of media usage of the students. The purpose of this research to know the difference of news writing capability by using event image media and without using event image media. This study also aims to determine the effectiveness of the use of media images of events in news writing skills. This research is an experimental using quantitative approach. Instrument used is a test. Analytical techniques used the normality, hogenity, t test and gain test. Normality test in this study is normal distribution. While homogeneity test is homogeneous. T test calculation is obtained thitung = 2,602 and ttabel = 1,998. So it can be concluded that thitung > ttabel so Ho rejected and Ha accepted. The gain N-test calculation gets the average grade of the experimental class 12.11464 and the control class 11.27672. The student is advised to utilize the media of event images in news writing especially in Indonesian language learning. Keywords:Effectiveness, event image media, news writing.

Detail Jurnal