Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Penerapan Metode Inkuiri Pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten SumenepPenulis : RIVKAH MUFLIHAHDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Rivkah Muflihah. 2017. Analisis Penerapan Metode Inkuiri Pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I, Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II, Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan yaitu, menulis, membaca, menyimak dan mendengarkan. Siswa kelas X-2 di SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep memiliki kesulitan untuk memulai menulis. Maka, perlu metode yang tepat agar siswa tidak kesulitan untuk menulis. Penelitian ini menggunakan penerapan metode inkuiri pada materi menulis puisi siswa kelas X-2 SMAN Gayam Kabupaten Sumenep. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan penerapan metode inkuiri pada materi menulis puisi siswa kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep dan bagaimana hasil belajar setelah menerapkan metode inkuiri pada materi menulis puisi siswa kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep. Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode inkuiri pada materi menulis puisi siswa kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep dan mendeskripsikan hasil belajar setelah menerapkan metode inkuiri pada materi menulis puisi siswa kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif yaitu mendeskripsikan kejadian yang terjadi selama proses penelitian berlangsung. Objek penelitian ini siswa kelas X-2 SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi (guru dan siswa), wawancara (guru dan siswa) dan dokumentasi. Intrumen penelitian yaitu peneliti sendiri dan informan pada penelitian ini yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada materi menulis puisi mendapatkan respon yang baik dari siswa dapat dilihat dari antusias dan semangat siswa saat pembelajaran. Hasil belajar yang didapatkan siswa setelah menerapkan metode inkuiri meningkat dari hasil belajar sebelumnya. Maka dapat disimpulkan, bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Menulis Puisi, SMAN 1 Gayam Kabupaten Sumenep
AbstractionRivkah Muflihah. 2017. An Analysis of Implementation of Method Inquiry to Students of Writing Material Poetry Class X-2 of Senior High School 1 Gayam, Sumenep. Skripsi, Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Supervisor I, Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd., Supervisor II, Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Abstract: This study is motivated education that is very important for life. Learning Bahasa Indonesia has four skills namely, writing, reading, listening and listening. Students of X-2 class at Senior High School 1 Gayam, Sumenep have difficulties to start writing. So, they need the appropriate method in order to students don’t have trouble in writing. This study uses the application of method inquiry in writing material of poetry in students of class X-2 Senior High School Gayam, Sumenep. This study has two research questions that is, how is the implementation of method inquiry in writing material of poetry in students of class X-2 Senior High School 1 Gayam, Sumenep and how is the result of learning after applying method inquiry in writing poetry material of student of class X-2 Senior High School 1 Gayam, Sumenep. The purpose of this study is to describe the implementation of method inquiry on the material of writing poetry of students class X-2 Senior High School 1 Gayam, Sumenep and to describe the learning result after applying method inquiry in writing poetry material of class X-2 Senior High School 1 Gayam, Sumenep. This study used a qualitative descriptive approach that describes the events that occurred during the research process took place. The object of this study is students of class X-2 Senior High School 1 Gayam, Sumenep. Data collection techniques in this study were observation (teacher and student), interview (teacher and student) and documentation. The research instrument of this study is the researcher herself and informant, they are teacher and student. The results of this study indicated that the implementation of method inquiry on writing poetry materials getting good response from students which can be seen from the enthusiasm and spirit of students during learning. The outcomes’ learning that students get after applying the method inquiry increases from the previous learning outcomes. So it can be concluded, that inquiry method can improve student learning outcomes. Keywords: Method Inquiry, Writing Poetry, Senior High School 1 Gayam, Sumenep