Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa setiap kalimat pasti menggunakan konjungsi atau kata penghubung untuk menghubungkan satuan sintaksis. Konjungsi tidak bersifat wajib dalam kalimat. Namun mempunyai peranan penting yang dapat menimbulkan keterpaduan makna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan kohesi gramatikal konjungsi pada bagian latar belakang skripsi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura tahun 2015 beserta kesalahannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah wacana dalam latar belakang skripsi. Sumber data penelitian ini ialah skripsi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura tahun 2015. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah teknik catat dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat banyak penggunaan konjungsi koordinatif, subordinatif, dan antarkalimat. Dari ketiga penggunaan tersebut dalam latar belakang skripsi banyak digunakan konjungsi koordinatif untuk menghubungkan satuan-satuan sintaksis. Dalam penelitian ini juga ditemukan adanya beberapa kesalahan penggunaan konjungsi baik penggunaannya kurang tepat ataupun tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Kesalahan penggunaan konjungsi terjadi dalam penggunaan konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif dan konjungsi antarkalimat.Kata Kunci: Kohesi gramatikal, Konjungsi, Latar Belakang Skripsi

    Abstraction

    The background of this research was the usage of conjunction or connecting word to connect syntactic unit in every sentence. Conjunction is not mandatory in sentences but it is an important role which can lead integration of meaning The purpose of this study is to describe and to know errors of the usage of conjunction grammatical cohesion in thesis background section of Primary School Teacher Education students 2015 in Faculty of Education Universitas Trunojoyo Madura. The approach used in this research was qualitative descriptive. The data in this research was discourse in the background of thesis. The source of data in this research was thesis of Primary School Teacher Education students 2015 in Faculty of Education Universitas Trunojoyo Madura. Techniques of collecting data in this research was record and documentation technique. Data analysis techniques used three stages, that were: (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) drawing conclusions. Based on the results and discussion, showed that there were many usage of coordinative, subordinate, and intercostal conjunction. Almost the students used coordinative conjunctions to connect syntactic unit based on the three usage of conjunction in the background of the thesis. In this study, also found some errors in the usage of conjunctions. The errors occured in not appropriate or not accordance of the use of conjunction with the rules of language. It also occured in the use of coordinative, subordinate, and intercostal conjunction. Keywords: Grammatical Cohesion, Conjunction, Thesis Background

Detail Jurnal