Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh metode drill reward terhadap hasil belajar menulis puisi ditinjau dari kreativitas siswa kelas VIII SMPN 1 Socah Bnagkalan,
    Penulis : Amimah lailatul nurfaidah
    Dosen Pembimbing I : Khusnul Khotimah, S.S, M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ahmad Jami’ul Amil, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill reward terhadap hasil belajar menulis puisi ditinjau dari kreativitas sisiwa kelas VIII SMPN 1 Socah Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunaan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-E dan VIII-F SMP Negeri 1 Socah Bangkalan yang berjumlah 40 siswa setiap kelas sebanyak 20 sisiwa. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan tes. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa t hitung xviii = -2,079 > t tabel = -2,024, artinya H 0 ditolak, hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara menulis puisi menggunakan metode drill reward dan tampa menggunakan metode drill reward kelas VIII SMPN 1 Socah Bangkalan, denganRata-rata menulis puisi siswa menggunakan metode driil reward adalah sebesar 86,75 dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan rata-rata hasil menulis puisi siswa yang tidak metode drill reward sebesar 81,25 dengan kategori “Baik”. Kata Kunci : menulis puisi, kreativitas siswa, drill, reward

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of drill reward methods on the results of learning to write poetry in terms of creativity class VIII SMPN 1 Socah Bangkalan. This research is a quantitative research with the use of pretest-posttest control group design. This research was conducted in class VIII-E and VIII-F SMP Negeri 1 Socah Bangkalan which amounted to 40 students per class of 20 sidewa. Sampling is done randomly. Technique of data collection is done by using observation, and test. The result of hypothesis calculation with t test shows that thitung = -2.079> ttable = -2,024, meaning H0 is rejected, it shows that there is significant influence between writing poetry using drill reward method and tampa using drill reward method VIII SMPN 1 Socah Bangkalan, With average writing poetry student using method of rewil dried is equal to 86,75 with category "Very Good", mean while the result of writing poetry student which is not drill reward method equal to 81,25 with category "good". Keywords: writing poetry, student creativity, drill, reward

Detail Jurnal