Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi pada Naskah Drama Karangan Siswa Kelas VIII B MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Pamekasan.
    Penulis : Suhartini Ningsih
    Dosen Pembimbing I : Ira Fatmawati, S.S., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ika Febriani, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak: Kesalahan berbahasa sering terjadi, baik bahasa lisan maupun tulis. Kesalahan berbahasa juga dilakukan oleh siswa dalam hal menulis, seperti menulis naskah drama. Kesalahan berbahasa tulis dapat disebabkan oleh kesalahan pelafalan. Artinya, ketika kesalahan pelafalan tersebut diaplikasikan ke dalam sebuah tulisan maka terjadilah kesalahan berbahasa tulis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi tentang bentuk kesalahan berbahasa tataran fonologi pada naskah drama karangan siswa kelas VIII B MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Pamekasan. Kesalahan berbahasa tataran fonologi pada naskah drama tersebut adalah 1) kesalahan berbahasa karena perubahan fonem, 2) kesalahan berbahasa karena penghilangan fonem, dan 3) kesalahan berbahasa karena penambahan fonem. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama karangan siswa kelas VIII B MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Pamekasan sebanyak 10 naskah drama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pilah. Adapun prosedur penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah 1) dokumentasi data, 2) membaca naskah drama karangan siswa, 3) pereduksian data, 4) pengklasifikasian data, 5) analisis data, 6) meninjau kembali hasil analisi data, 7) memperbaiki hasil analisis jika ada yang kurang tepat, dan 8) menarik simpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan 1) kesalahan berbahasa karena perubahan fonem meliputi fonem vokal /a/ menjadi /e/, fonem konsonan /g/ menjadi /k/, fonem konsonan /t/ menjadi /n/, fonem vokal /u/ menjadi /o/, fonem vokal /i/ menjadi /e/, fonem vokal /e/ menjadi /i/, fonem konsonan /g/ menjadi /k/, dan fonem konsonan /p/ menjadi /b/. 2) kesalahan berbahasa karena penghilangan fonem vokal /e/, /i/, /a/, fonem konsonan /s/, /h/, /m/, /p/, /k/, dan penghilangan fonem vokal rangkap /ai/ menjadi /e/ dan /au/ menjadi /o/. 3) kesalahan berbahasa karena penambahan fonem vokal /u/, /e/, /a/, /i/, fonem konsonan /s/, /k/, /n/, /r/, /c/, /h/, /y/ dan /t/. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan berbahasa paling banyak yaitu kesalahan berbahasa karena penambahan fonem. Terdapat 26 data perubahan fonem, 22 data penghilangan fonem, dan 37 data pada penambahan fonem. Kata kunci: Kesalahan berbahasa, fonologi, naskah drama

    Abstraction

    Abstract: The mistake of language often happens in both verbal or writing. The mistake of writing is commonly done by students such as writing texts of drama .That mistake can be caused by wrong pronunciation . this means when those wrong pronunciations are implemented in a text then the mistake occurs in writing for instance. This research is aiming to get a description about kind of mistakes through the rank of fonology in the text of drama made by 2nd year students in MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Pamekasan. Those mistakes in fonology rank for the text of drama are 1) Because of the change of Fonem 2) The mistake occurs due to the erased fonem 3) the mistake occurs caused by the added fonem. This research is kind of a descriptive research with qualitative approach. The collecting data method which is used is documenting method. Source of datas in this research are 10 texts of drama made by by 2nd year students in MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Pamekasan. The used analysis technique in this research is “Pilah” (choose = memilih). Procedure in this research is implemented by doing these 8 steps. 1) data documentation 2) reading the drama text made by students 3) data reduction 4) data classification 5) dana analysis 6) reviewing the results of data analysis 7) fixing errors if any and take conclusions. Based on the data analysis results, can be concluded that 1) the language mistake is caused by the changed fonem for vowel /a/ becomes /e/, consonant /g/ becomes /k/, consonant /t/ becomes /n/, vowel /u/ becomes /o/,vowel /u/ become /o/, vowel /i/ become /e/, vowel /e/ become /i/, consonant phoneme /g/ become /k/, and consonant /p/ become /b/. 2) The mistake of language occurs because of the erased fonem for vowel /e/, /i/, /a/, consonant /s/, /h/, /m/, /p/, /k/ and doubled vowel /ai/ becomes /e/ and /au/ becomes /o/. 3) The mistake of language due to adding fonem for vowel /u/, /e/, /a/, /i/, consonant /s/, /k/, /n/, /r/, /c/, /h/, /y/, and /t/. According to the results of this research, the most language mistake is the language mistake (to speak) itself because of the adding fonem. There are 26 data of changed fonem, 22 are erased fonem and 37 are added fonem. Keywords : the language mistake, phonology, drama text.

Detail Jurnal