Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI UNSUR-UNSUR DRAMA SISWA KELAS IX SMP SIMAN JAYA SEKARAN LAMONAGAN
    Penulis : UMMU WAFDAH IMALAH
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya film luar yang membuat wayang sebagai budaya Indonesia sudah tidak diminati para generasi muda serta membuat menurunnya hasil belajar, khususnya siswa SMP. Berdasarkan latar belakang rumusan masalah pada penelitian ini, bagaimana pengaruh penggunaan media wayang terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi unsur-unsur drama siswa kelas IX SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dari rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain one-grup pre-test dan post-test design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel bebasnya adalah penggunaan media wayang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Siman Jaya Lamongan. Metode pada penelitian ini adalah: 1) Tes. 2) Angket. 3) Observasi. Teknik analisis data yang dilakukan untuk pengujian hipotesis yaitu menggunakan uji statistik parametrik dengan menggunakan analisis komparatif, jenisnya uji t Independint. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media wayang terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi unsur-unsur drama siswa kelas IX SMP Siman Jaya Sekaran Lamongan. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t_hitung sebesar 9.198 > t_tabel sebesar 2.018. Berdasarkan kaidah pengujian yang digunakan nilai t_hitung > t_tabel maka Ho ditolak. Pembelajaran penggunaan media wayang terdapat banyak yang merespon sebesar 53% dan sangat merespon 14%. Jadi, berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa media wayang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan direspon positif oleh siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi unsur-unsur drama. Kata kunci: media wayang, hasil belajar, unsur-unsur drama.

    Abstraction

    The background of this study was the raising of abroad films which make leather puppet as Indonesian culture could not attract young generation and decrease students’ study result, especially junior high school student. Based on the background, research question in this study was ‘how the influence the using of leather puppet toward study result in learning Indonesian material element of drama in ninth grade students at junior high school Siman Jaya Sekaran Lamongan’. The purpose of this study was to recognize the result from research question. This study was quasi experiment by using pre-test and post-test design. Bonded variable in this study was students’ study result, while free variable was the using of leather puppet. Population in this study was ninth grade students at Junior High School Siman Jaya Sekaran Lamongan. The methods in this study were; 1) test 2) questionnaire 3) observation. The technique of analyzing data in hypothesis testing was parametric statistic test by using comparative analysis, independent t test. The result of this study showed there was influence of leather puppet toward study result in learning Indonesian material element of drama in ninth grade students at hunior high school Siman Jaya Sekaran Lamongan. Hypothesis testing result showed value tcaltulation was 9,918 > ttable was 2,018. Based on the testing rule value tcalculation > ttable so Ho is rejected. Learning activity by using leather puppet is available many response was 53% and very response was 14%. So, based on the result of analysis can be concluded that leather puppet media influence toward student study result and get positive response from students in learning Indonesian material element of drama. Key word: leather puppet media, study result, the element of drama.

Detail Jurnal