Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berbantukan Media Gambar pada Materi Menulis Cerpen Siswa Kelas VII SMP Praja Mukti Surabaya.
    Penulis : Cahaya Tri Asmani
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Abdul Rosid, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen khususnya kelas VII Praja Mukti Surabaya, cara pengajaran yang diterapkan oleh guru adalah kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kooperatif jigsaw berbantukan media gambar pada materi menulis cerpen siswa kelas VII SMP Praja Mukti Surabaya, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang didalamnya terdapat proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan berbantukan media gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu observasi, wanwacara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat yaitu pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan pengesaan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantukan media gambar pada materi menulis cerpen siswa kelas VII SMP Praja Mukti Surabaya sangat cocok digunakan pada kelas VII SMP Praja Mukti Surabaya karena, belum pernah digunakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, terlebih model pembelajaran kooperatif ini menekankan pada kerja sama siswa dan pencapaian tingkat belajar siswa. Sehingga siswa memiliki kemampuan dalam mengarang cerpen dengan baik. Dilihat dari aspek penulisan, siswa dikatakan baik dari segi imajinasi dalam mengarang. Namun, pada aspek isi penyajian menyusun mengarang, aspek bahasa dan pemilihan kata baku masih sangat kurang memperhatikan siswa dalam menulis mengarang siswa. Kata kunci: Media Gambar, Kemampuan menulis cerpen, Pembelajaran Koopertif Jigsaw.

    Abstraction

    This research is motivated by the lack of ability of students in writing short story especially class VII Praja Mukti Surabaya, the way of teaching applied by the teacher is cooperative type jigsaw. This study aims to determine the process of cooperative learning jigsaw berbantukan media images on the writing materials short story students VII class Junior High School Praja Mukti Surabaya, the approach used in this research is a qualitative approach. Objects used in this study are all students of class VII in which there is a jigsaw type cooperative learning process and berbergantukan media images. Data collection techniques used in this research are observation, wanwacara, documentation. Data analysis techniques used in this study there are four data collection, data reduction, verification and pengesaan conclusion. The result of the research shows that cooperative learning of jigsaw type with drawing media in the writing material of short story students of class VII of Praja Mukti Junior High School Surabaya is very suitable for use in Practice Mukti class of Mukti Surabaya because it has never been used in Indonesian language subject, especially this cooperative learning model emphasizes on cooperation Student achievement and student achievement level. So that students have the ability in making short stories well. Viewed from the aspect of writing, students are said both in terms of imagination in composing. However, in the aspect of the presentation content compose the fabric, the language aspect and the selection of the word raw still very less attention to the students in writing the student writing. Keywords: Media Drawings, Ability to write short stories, Jigsaw Co-operative Learning.

Detail Jurnal