Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN BARURAMBAT KOTA 5 PAMEKASAN
    Penulis : ZAINAL ARIFIN
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design, yang dilaksanakan di kelas V SDN Barurambat Kota 5 Pamekasan dengan 52 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Solvin, sehingga sampel yang di dapat sejumlah 46 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan uji signifikansi pada tes hasil belajar siswa di peroleh t hitung = 11,9 > t tabel =2,08 maka H o ditolak dan H a diterima, dan hasil dari minat siswa diperoleh peroleh t hitung = 3,13 > t tabel =2,08 maka H o ditolak dan H a diterima, sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model SFE (Student Facilitator and Explaining) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN Barurambat Kota 5 Pamekasan terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil perhitungan lembar keterlaksanaan guru pertemuan pertama memperoleh persentase sebesar 96%, pertemuan kedua memperoleh persentase sebesar 99 % dan terlaksana dengan baik. Hasil perhitungan lembar aktivitas siswa kelas experimen sebesar 78,370 dengan kategori baik, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 73,587 %, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model SFE lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: SFE (Student Facilitator and Explaining), Minat Belajar, Hasil Belajar Siswa.

    Abstraction

    This research is a quantitative research using Quasi Experimental Design, which is implemented in class V SDN Barurambat Kota 5 Pamekasan with 52 students. Samples were taken using Solvin Technique, so the samples were able to number 46 students. This study aims to determine the effect of mathematics learning by using SFE model (Student Facilitator and Explaining) on students' interest and learning outcomes. The result of the calculation by using the test of significance on the test of student learning outcomes obtained tcount = 11.9> ttable = 2.08 then Ho is rejected and Ha accepted, and the result of student interest obtained obtained tcount = 3.13> ttable = 2.08 then Ho is rejected and Ha accepted, so the result shows that learning mathematics by using model of SFE (Student Facilitator and Explaining) to interest and result of student learning of class V SDN Barurambat Kota 5 Pamekasan there is significant influence. The result of the calculation of the first meeting teacher implementation sheet obtained a percentage of 96%, the second meeting obtained a percentage of 99% and performed well. The result of the experimental student activity table calculation is 78,370 with good category, while in the control class get the value of 73,587%, it can be concluded that the learning of math using SFE model is higher than the control class using conventional learning. Keywords: SFE (Student Facilitator and Explaining), Interest Learning, Student Learning Outcomes.

Detail Jurnal