Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Keikutsertaan Siswa Bimbingan Belajar Guru Privat Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN Se Gugus 01Kecamatan Kamal
    Penulis : choirul rizki
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :MAHMUD, S.IP., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Non Eksperimental Desaign, penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Se Gugus 01 Kecamatan Kamal Bangkalan yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keikutsertaan siswa bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keikutsertaan siswa bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai thitung sebesar 29,866 dan ttabel t(?/2, n-2) = 2,011. Dengan nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,974 dengan kategori sangat kuat. Selain itu hipotesis diterima berdasarkan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada hubungan yang signifikan antara keikutsertaan siswa bimbingan belajar guru privat terhadap prestasi belajar siswa SDN Se Gugus 01 Kecamatan Kamal. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahui kontribusi yang diberikan variabel X (keikutsertaan siswa bimbingan belajar guru privat) terhadap variabel Y (prestasi belajar) diperoleh sebesar 94,9% dan dapat disimpulkan bahwa keikutsertaan siswa bimbingan belajar guru privat berhubungan signifikan dengan prestasi belajar sebesar 94,9%.

    Abstraction

    This analysis used quantitative analysis by using non experimental design, this analysis did in VI class state junior high school all of one gugus in Kamal district Bangkalan with the number 50 student. The purpose of this analysis knew the participation of the relation student learning guidance towards student achievement. The result of this analysis showed that there was a significane connection among student concealing participation towards student achievement based on the result significant tes (uji t), so the calculation of earned value significant tes (uji-t), so got the number Thiting amount 29,866 and Ttabel t(a/2, n-2)=2=11. With the correlation of coefficient value amount 0,974 which the categorized very strong. Beside that the hypothesis can accepted based on number of thitung > ttabel, it means that Ho rejected and Ha accepted. So there were significant connection among the involvement of privates student touring toward student achievement in VI class state junior high school all of one gugus in Kamal district determinacy test did knew the contribution which given by X variable (the involvement of privates student tutoring) towards Y variable (student achievement) get the result amount 94,9% and it can be concluded that the involvement of privates student tutoring significance connected with student amount around 94,9%.

Detail Jurnal