Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS TEKNIK MEMBACA NYARING DALAM PEMAHAMAN TEKS BACAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN LARANGAN SORJAN 2 KECAMATAN KLAMPIS
    Penulis : RIZKA AMALIYAH
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik membaca nyaring dalam memahami teks bacaan siswa. Teknik membaca nyaring merupakan suatu kegiatan membaca dengan mengeluarkan suara atau kegiatan melafalkan lambang-lambang bunyi bahasa dengan suara yang cukup keras. Penerapan teknik membaca nyaring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa serta meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami teks bacaan.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan merupakan pemilihan sesuai dari kriteria yang meliputi subjek yang memiliki tingkat kepandaian tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru telah menerapkan teknik membaca nyaring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam menerapkan teknik membaca nyaring biasanya guru melakukan persiapan terlebih dahulu seperti halnya mempersiapkan media berupa teks bacaan seperti dongeng dan cerita pendek serta sarana prasarana yang mendukung. Ketika guru menerapkan teknik membaca nyaring dalam pembelajaran terkadang siswa masih mengalami kesulitan seperti halnya kesulitan untuk mengatur lafal dan intonasi yang tepat dalam memahami isi teks bacaan. Dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa biasanya guru mengadakan bimbingan sepulang sekolah. Membiasakan siswa supaya gemar membaca. Serta membimbing siswa yang kesulitan dalam membaca ketika jam pelajaran. Ketika guru menerapkan teknik membaca nyaring siswa mampu untuk memahami isi teks bacaan. Kata kunci: Teknik Membaca Nyaring, Pemahaman Teks Bacaan, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

    Abstraction

    This research aimed to know the application of aloud reading technique in understanding reading texts. Aloud reading technique was a reading activity which expelled sound or pronounced signs of language sound loudly enough. Application of this technique at Indonesian major aimed to improve students’ reading skills in understood about their reading texts. This research was a qualitative descriptive research. Subject of this research were students who were appropriate at high, medium and low cleverness category. Data collecting used interview, observation and documentation. Result of this research showed that teachers had applied this technique at Indonesian major well. In advance, as usual, teachers did many preparations, as example: prepared fairy tale and short story texts as the media, and also tools and infrastuctures which could support it well. When teachers applied this technique, sometimes students had some difficulties to organize pronounciation and intonation accurately in understood the content of reading texts. About those difficulties, teachers delivered study after school for theirs. Habituated reading habit. And also taught the students who still had not understood yet. While teachers applied the technique, students could understand the reading texts better. Keywords : Aloud Reading Technique, Understanding Reading Texts, Indonesian Major

Detail Jurnal