Detail Karya Ilmiah

  • PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PULAU TERPENCIL (Studi kasus di SDN Tonduk II Kecamatan Ra’as Kabupaten Sumenep)
    Penulis : A. RIQQI ROHMATULLAH ROHMAN
    Dosen Pembimbing I : MUJTAHIDIN, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :MAHMUD, S.IP., M,Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, faktor-faktor yang menjadi kendala pembelajaran, serta upaya yang dilakukan guru dan pihak sekolah dalam mengantisipasi dan meminimalisir kendala dalam pembelajaran di SDN Tonduk II Kecamatan Ra’as Kabupaten Sumenep yang merupakan sekolah dasar di daerah pulau terpencil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru/wali kelas 3 dan 6 menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan belajar yang rendah, keterampilan mengajar guru masih rendah serta guru kurang maksimal dalam melaksanakan peran dan tugas pokoknya, Tujuan pembelajaran yang dilaksanakan kurang diperhatikan, dengan metode pembelajaran konvensional, materi yang disampaikan kurang sesuai dengan perkembangan belajar siswa dan kurang menarik, guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan bersifat subjektif. Faktor internal siswa yang menjadi kendala dalam pembelajaran yaitu minat dan motivasi belajar siswa, dan faktor eksternal siswa yaitu (1) lingkungan sekolah, (2) lingkungan masyarakat, dan (2) lingkungan keluarga. Adapun upaya yang dilakukan guru berupa pemberian teguran dan punishment sebagai alat pembelajaran, pemberian contoh/ilustrasi kepada siswa yang kesulitan dalam belajar, menggunakan bahasa Indonesia dalam menyampaikan materi pelajaran. Serta upaya yang telah dilakukan pihak sekolah penambahan fasilitas atau sarana belajar.

    Abstraction

    This study aims to determine the implementations of learning, the factors that become constraint of learning, as well as the efforts which is made teachers and the school in anticipating and minimizing the constraint in learning in SDN Tonduk II of Sub-District of Ra'as Sumenep regency which is an isolated island area. This study uses a qualitative approach with the type of study used is case study research. The subjects of this study are teacher/proxy of class 3 and 6 and using purposive sampling technique as the technique of sampling. The Data collection is done by observations, interview, and documentation. The results of the study shows that the students have low learning ability, the teaching skill is still low and also is less maximal in performing the role and the main task, the purpose of learning are less attention by using conventional learning methods, the material presented is less suitable with the student learning development and less interesting, teachers never use learning media and evaluation of the lesson is subjective. The internal factors that become constraint in learning of student are interest and motivation of student, and the external factors are (1) School environment, (2) The communities environment, and (3) family environment. The efforts of teachers in the form of provision of reprimand and punishment as a tool of learning, giving examples/illustrations to students who have difficulty in learning, using the Indonesian language in delivering the subject matter. As well as efforts that have been made the school addition of facilities or learning facilities.

Detail Jurnal