Detail Karya Ilmiah
-
POLA ASUH OTORITER DAN DAMPAKNYA PADA DISIPLIN BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada 1 Siswa Kelas IV SDN Gunung Kesan 1)Penulis : LINDA AYU LESTARIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Disiplin belajar merupakan salah satu karakter yang sangat penting untuk dimiliki oleh seseorang yang meliputi disiplin di sekolah ataupun di rumah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hal ini berkaitan dengan pola asuh yang di terapkan oleh orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran tentang disiplin belajar siswa dan gambaran tentang pola asuh orang tua. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif . Subyek yang digunakan terdiri dari 2 informan utama dan 3 informan tambahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sekolah yang diteliti adalah SDN Gunung Kesan I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran disiplin belajar yang dimiliki siswa termasuk disiplin belajar konvergensi. Setiap yang dilakukan maka harus bertanggung jawab atas konsekuensinya. Siswa memiliki disiplin belajar dalam hal waktu yang meliputi tepat waktu dalam belajar, dimana selain ia tidak pernah datang terlambat ke sekolah, ia juga tidak pernah datang terlambat ke rumah. Siswa juga disiplin dalam hal perbuatan, Siswa juga mengikuti setiap peraturan baik peraturan di sekolah maupun peraturan di rumah. (2) Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua meliputi pola asuh otoriter dan pola asuh demokratis. Dimana untuk menerapkan pola asuh otoriter, orang tua menerapkan peraturan yang memang khusus untuk ditaati oleh anak, Dan orang tua juga menekankan anak untuk berdisiplin khususnya dalam hal waktu. Seperti waktunya sholat, orang tua mengingatkan anak untuk segera melaksanakannya. Kemudian untuk pola asuh demokratis, Komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan anak tergolong baik. Hal ini terlihat ketika waktunya anak belajar, orang tua mendampinginya. Sikap orang tua tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memotivasi anak untuk lebih giat dalam belajar. Kata kunci: Disiplin Belajar, Pola Asuh Otoriter, Pola Asuh Demokratis
AbstractionThe discipline of learning is one of the most important characters to be possessed by someone who includes discipline at school or at home to adapt to the environment. This will be related to parenting patterns applied by parents. The purpose of this study is to determine the description of student learning discipline and description of parental care. This type of research is qualitative descriptive. The subject used consisted of 2 main informants and 3 additional informants. Sampling technique using purposive sampling. The school studied is SDN Gunung Kesan I. Based on the results of the study can be conclude that (1) Description of the discipline of learning that students have, including the discipline of convergence learning. Anything done then should be responsible for the consequences. Students have the discipline of learning in terms of timing which includes timely learning, whereas in addition to never arriving late to school, he also never arrives late to home. Students are also disciplined in terms of deeds, Students also follow every regulation both in school rules and regulations at home. (2) Parenting patterns applied by parents include authoritarian parenting and democratic parenting. Where to apply authoritarian parenting, parents apply rules that are specific to obeying children, and parents also stress children to be disciplined especially in terms of time. Like the time of prayer, parents remind the child to immediately carry it out. Then for democratic parenting, Communication that occurs between parents with children is good. This is seen when the child is learning, the parents are with him. The attitude of the parents is one way that is done to motivate children to be more active in learning. Keywords: Discipline Learning, Authoritarian Parenting, Democratic Parenting