Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Pop up Book terhadap hasil belajar Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek di SDN Lepelle 1 Tahun Pelajaran 2016-2017
    Penulis : Mawaddatawwarohmah
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Pop up Book terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek di SDN Lepelle 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Lepelle 1 Sampang. Penentuan ukuran sampel menggunakan teknik Solvin. 27 siswa kelas V A dijadikan sampel kelas eksperimen dan 27 siswa kelas V B dijadikan sampel kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t dua sampel. Hasil analisis menunjukkan thitung= 3,20 > ttabel= 2,06 maka Ho ditolak , Ha diterima dan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 79,07 lebih besar dari nilai rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 69,62. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model pembelajaran talking stick berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi cerita pendek di SDN Lepelle 1 tahun pelajaran 2016-2017. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media pop up book diperoleh sebesar 81% dalam kategori sangat aktif. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Media Pop Up Book, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

    Abstraction

    This research aimed to know the influence of Talking Stick assisted by Pop Up Book media for study evaluation of Indonesian major – chapter short story at SDN Lepelle 1. This research was a quantitative research with using a Quasi-Experimental design and designed by Nonequivalent Control Group design. Population was all students grade V at SDN Lepelle 1 Sampang. Sample determining used Solving technique. 27 students of V-A was an experimental class. And 27 students of V-B was a control class. Students’ study evaluation got by an instrument which in formation of multiple choices. The data analyzed by using t-test 2 samples. The result showed that t-score = 3.20 > t-table = 2.06 . So that, Ho was rejected, Ha was accepted. Average score at experimental class = 79.07 is higher than control class = 69.62 . Based on the result, conclusion of this research was there was any influence of Talking Stick learning model assisted by Pop Up Book media for study evaluation of Indonesian major – chapter short story at SDN Lepelle 1 at year 2016-2017. Students’ activity within this model and media reached 81% at very active category. Keywords : Talking Stick Learning Model, Pop Up Book Media, Indonesian Major, Study Evaluation

Detail Jurnal