Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Sifat-sifat Bangun Ruang dengan Pohon Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Tunjung 1 Bangkalan.
    Penulis : Tri Wulandari,
    Dosen Pembimbing I : Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana. S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara pembelajaran yang menerapkan sifat-sifat bangun ruang dengan pohon matematika kelompok eksperimen dan kontrol siswa kelas V, (2) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunjung 1 Bangkalan dengan jumlah 53 siswa. Teknik yang digunakan dalam menentukan ukuran sampel menggunakan teknik solvin, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 49 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa pretest posttest, dan lembar observasi terhadap guru maupun siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dua sampel independent. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji-t dua sampel independent diperoleh nilai t hitung xx = 2,109 > t tabel = 2,0117, sehingga H 0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jika ada perbedaan, maka ada pengaruh. Pengaruhnya positif, karena rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mendapatkan 10,6 lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sifat-sifat bangun ruang dengan pohon matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Tunjung 1 Bangkalan. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, pembelajaran dengan pohon matematika.

    Abstraction

    This research is a quantitative research used Quasi Experimental design. The purpose of this study are: (1) To know whether or not the differences of critical thinking ability between geometry’s features learning with a group of math tree experiments and control of fifth grade students, (2) To describe of differences critical thinking ablity between experiment class and control. This research implemented at SDN Tunjung 1 Bangkalan with the total of students is 53. Technique Sampling used systematic sampling. The technique used in determining the sample size used the solvin technique, therefore the sample used in this study amounted to 49 students. The instruments in this research Is a critical thinking ability test of pre-test posttest, and sheet Observation of teachers or students. Data analysis used Normality test, homogeneity test, and t-test of two independent samples. The result of research Based on t-test of two independent sample obtained t count = 2,109 > t table = 2.0117, Therefore H 0 is rejected. This means there are differences in ability Critical thinking of students between the experimental group and the control group. If there are Differences, then there is influence. The influence is positive, because of the average value of the experimental class post-test got 10.6 excellent of the class control. Therefore, it can be concluded that the properties of Geomatry learning with a tree of math has a positive effect on ability Critical thinking of grade 5 students of SDN Tunjung 1 Bangkalan. Keywords: Critical thinking ability, learning with tree of mathematics.

Detail Jurnal