Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Kartu Kata Modifikasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Sederhana Siswa Kelas 3 SDN Socah 1 tahun 2016-2017
    Penulis : Ismulissaroh
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd. M.Pd.
    Abstraksi

    Kemampuan menulis yang baik diperlukan untuk menguasai Materi Puisi. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang baik untuk melatih siswa dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi sederhana antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media kartu kata modifikasi pada siswa kelas III SDN Socah I tahun 2016-2017, (2) Mendeskripsikan solusi atas kendala-kendala yang dihadapi ketika menggunakan media kartu kata untuk mengajarkan menulis puisi sederhana siswa kelas III SDN Socah I Tahun 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III SDN Socah 1 Bangkalan yang berjumlah 47 siswa, sedangkan sampel penelitian ini merupakan sampel sistematis yakni 42 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian yang berupa pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain ternormalisasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,90 > ttabel = 2,086, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media Kartu Kata Modifikasi terhadap kemampuan menulis puisi sederhana siswa kelas III. Hal tersebut juga dibuktikan dari peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Kemampuan menulis, Kartu Kata Modifikasi, Puisi

    Abstraction

    Good writing skills are required to understand the material of poetry. Therefore, required a good learning media to train students in writing poetry. The purpose of the study are: (1) describe the difference in the ability to write simple poetry between the control class and the experimental class using the modified word card module in the third grade students of SDN Socah 1 year 2016-2017, (2) decribe the solution to the contstraints encountered when using a modified word card to teach writing simple poetry of third grade student in SDN Socah 1 year 2016-2017. This research is a quantitative research with quasi experimental design type nonequivalent control group design. The population of the research is all of third grade student in SDN Socah 1 Bangkalan totaling 47 students, while the sample is sistematis sampling with 42 students. The instrument used is test question in the form pretest and posttest, observation sheets of learning effectiveness and student activity observation sheets. Analysis of the data used is normality test, homogeneity test, t test, and the normalized gain test. The research hypothesis testing using t-test with the results of t = 2,90 > t table = 2,086, so it can be conclused that there is influence in subject of word card modification toward writing simple poetry abilities of third grade student. It is also aroved from the writing abilities of experimental class outcome is 0,70 with a high category. Keyword: writing abilities, Word Card Modification, Poetry.

Detail Jurnal