Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESULITAN MENULIS (DISGRAFIA) SERTA UPAYA UNTUK MENGATASINYA (Studi Kasus di SDN Banyuajuh 5 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan)
    Penulis : AHMAD HIDAYATUR ROHMAN
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Kesulitan menulis atau disgrafia adalah salah satu kesulitan belajar yang mempengaruhi dari hasil tulisan yang ditulis seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri-ciri dan faktor penyebab kesulitan menulis serta bagaimana upaya yang dilakukan oleh seseorang yang paling berpengaruh terhadap kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan terdiri dari 2 informan utama dan 2 informan tambahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sekolah yang diteliti adalah SDN Banyuajuh 5 Kamal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan mempunyai ciri-ciri diantaranya (1) masih kesulitan menghafal huruf (2) belum bisa membedakan antara huruf kecil dan kapital (3) belum bisa menggunkan garis tulisan dengan benar (4) belum bisa menulis walau hanya menyalin tulisan (5) belum bisa memegang alat tulis dengan benar. Faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis tersebut disebabkan oleh rasa malas dan kurang percaya diri dari siswa serta bimbingan dan perhatian orang tua sangat kurang ketika belajar di rumah. Upaya mengatasi kesulitan menulis tersebut dilakukan oleh guru kelas dengan menggunakan pendekatan, metode dan bimbingan tertentu secara konsisten dan dengan bahan ajar menulis sederhana yang telah dibuatkan oleh guru untuk digunakan pegangan siswa di rumah dan di sekolah, khususnya pada saat dilakukan bimbingan oleh guru.

    Abstraction

    Difficulty writing or dysgraphia is one of the learning difficulties that affect from the writing written by a student. This study aims to determine the characteristics and factors causing the difficulty of writing and how the efforts made by someone who most influenced the difficulties experienced by these students. This type of research is qualitative descriptive. The subjects used consisted of 2 main informants and 2 additional informants. Sampling technique using purposive sampling. The school under study is SDN Banyuajuh 5 Kamal. Based on the result of the research shows that students who have difficulty have characteristics such as (1) still difficulty in memorizing letters (2) not yet able to distinguish between lowercase and capital (3) not yet able to use writing lines correctly (4) can not write even though only copy writing (5) can not hold the stationery correctly. Factors that affect the difficulty of writing is caused by a sense of laziness and lack of confidence of students and the guidance and attention of parents is very less when studying at home. Attempts to overcome the difficulty of writing are done by classroom teachers by using certain approaches, methods and guidance consistently and with simple writing materials that have been created by teachers to use the students' hand at home and at school, especially during teacher guidance.

Detail Jurnal