Detail Karya Ilmiah

  • PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS V SDN BANYUAJUH 4 KAMAL
    Penulis : SITI ABDI YANI
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan karakter siawa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Pada pembentukan karakter orang tua memiliki peranan terdepan dalam memberikan kebiasaan, keteladanan, kejujuran, kedisiplinan, dan perilaku baik lainnya kepada anak. Hasil penelitian ini menyatakan peran orang tua sebagai motivator yaitu memberikan hadiah dan semangat kepada anak agar tidak malas untuk belajar. Orang tua berperan sebagai pengawas yaitu orang tua membatasi dan mengawasi pergaulan anak dengan tujuan agar anak tidak salah berteman dengan anak yang mempunyai prilaku kurang baik. Orang tua berperan sebagai pembimbing yaitu membimbing dan menemani anak belajar. Orang tua berperan sebagai panutan bagi anak yaitu orang tua memberikan contoh yang baik kepada anak agar anak bisa meniru perilaku baik dari orang tuanya. Karakter anak yang terbentuk dari tingkat pendidikan orang tua yaitu ada karakter jujur, disiplin, dan gemar membaca. Berdasarkan pendidikan orang tua diketahui siswa dengan tingkat pendidikan orang tua SD terlihat memiliki karakter jujur, disiplin, dan gemar membaca. Siswa dengan tingkat pendidikan SMP belum terlihat memiliki karakter jujur dan disiplin, tetapi memiliki karakter gemar membaca. Siswa dengan pendidikan orang tua SMA belum memiliki karakter disiplin, tetapi memiliki karakter jujur dan gemar membaca. Siswa dengan tingkat pendidikan orang tua Sarjana belum memiliki karakter jujur dan disiplin, tetapi memiliki karakter gemar membaca.

    Abstraction

    This research was conducted to know the role of parents in the formation of student character in terms of parental education level. In the formation of the character of parents have a leading role in providing habits, exemplary, honesty, discipline, and other good behavior to the child. The results of this study states the role of parents as a motivator is to give gifts and spirit to the child for the spirit of learning. Parents act as supervisors are parents limit and supervise the association of children with the aim that children are not wrong friends with children who have bad behavior. Parents play a role as a guide that is guiding and accompanying children learn. Parents role as role model for child that is parent give good example to child so child can imitate good behavior from parent. Children character who is formed from the level of parent education that there are honest, discipline and likes to read character. Based on parents' education is known that the student with the elementary education level of the parents looks to have an honest character of discipline and likes to read. Students with junior high school level have not yet seen to have an honest and disciplined character but have a love to read character. Students with high school parents education have not possessed the character of discipline but have honest character and likes to read. Students with undergraduate educational level do not yet have an honest and disciplined character, but have a liking character to read.

Detail Jurnal