Detail Karya Ilmiah
-
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS V SDN KWANYAR BARAT 1Penulis : MIFTAHUL JANNAHDosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.SiDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep IPA siswa kelas V di SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran CLIS dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan dengan jumlah sampel 40 siswa yang di tentukan dengan menggunakan teknik solvin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sistematis. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest dengan jumlah soal 22 butir soal. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji gain ternormalisasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 2,204 > ttabel = 2,60, maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS berbasis eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan. Kata Kunci: Model Pembelajaran CLIS, Pemahaman Konsep ?
AbstractionABSTRACT The problem in this research is the low understanding of Science concept at class V students in SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan. This study aims to determine the differences in understanding the concept of Science in experimental groups given treatment in the form of CLIS learning model and control group with conventional learning model in grade V students in SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan year lesson 2016/2017.This research type is quantitative with experimental Quasi Experimental Design method with Noquivalent control group design. The population of this study is the students of grade V SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan with the number of samples of 40 students who determined by using solvin technique. The sampling technique uses a systematic sampling technique. Conceptual understanding data was collected with using the test instrument in the form of pretest and posttest with the number of questions 22 items.Data analysis used is normality test, homogeneity test, t-test, and normalized gain test. Hypothesis testing of this research using t-test with t-score = 2,204 > t-table = 2,60, then Ho is rejected so that it can be concluded that learning CLIS model of experimental is more effective than conventional learning model to understanding the concept of Science in class V SDN Kwanyar Barat 1 Bangkalan. Keywords: CLIS Learning Model, Concept Understanding