Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Banyuates 3 Sampang.
    Penulis : Wawan Suwandi
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Banyuates 3 Sampang pada siswa kelas IV, V dan VI dengan jumlah siswa sebanyak 67 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tekhnik solvin, karena populasi lebih dari 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan guru memberi pengaruh terhadap motivasi belajar siswa berdasarkan hasil uji signifikan (uji-t) dengan nilai thitung sebesar 35,712 dan ttabel t(?/2, n-2) sebesar 2,004. Sehingga thitung > ttabel, hal tersebut berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa SDN Banyuates 3 Sampang. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahu besarnya pengaruh dari kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan uji determinasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,979, sehingga kontribusui yang disumbangkan kedisiplinan guru terhadap motiivasi belajar siswa sebesar 95,84%. Kata Kunci: Kedisiplinan guru, Motivasi belajar siswa

    Abstraction

    This study is a non-experimental quantitative research aimed to determine the effect of teacher discipline to student motivation. The research was conducted in SDN Banyuates 3 Sampang in Class IV, V and VI to the number of students by 67 students. Sample used in this study using techniques solvin, for a population of more than 30 students. The results showed that the discipline of teachers to influence the students' motivation based on test results significant (t-test) with a score of 35.712 and ttable t t (? / 2, n-2) of 2.004. So that t> t table, it means that H0 is rejected and Ha accepted. Based on this it can be concluded that the discipline of teachers have a significant influence on the students motivation Banyuates SDN 3 Sampang. Determination test is done determines the magnitude of the effect of the discipline of teachers to students' motivation. Based on the obtained determination test correlation coefficient of 0.979, so the donated kontribusui motiivasi discipline teachers to student learning by 95.84%. Keywords: The discipline of teachers, student’s motivation

Detail Jurnal