Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Model Role Playing Berbantuan Media Video Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Drama Siswa Kelas V SDN Socah 4 Tahun Pelajaran 2017/2018
    Penulis : Mutmainnah
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan model role playing berbantuan media video dalam melatih keterampilan berbicara. Sangat penting pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam pembelajaran siswa diharapkan terampil berbicara agar siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan model role playing berbantuan media video, mendeskripsikan kendalakendala model role playing dalam melatih keterampilan berbicara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Socah 4 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian direduksi, ditriangulasikan, kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa hal yang harus dilakukan saat guru melaksanakan model role playing berbantuan media video dalam melatih keterampilan berbicara mulai dari persiapan, langkah-langkah pembelajaran, dan melakukan penilaian. Kata kunci: Model Role Playing, Media Video, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia

    Abstraction

    The Study related to the implementation of role playing model assisted by video media in practicing speaking skill is very important in Indonesian Language learning and in everyday life. It is because in this learning, students are expected to skillfully speak so that students play an active role in learning. The objectives of this study are to describe the implementation of role playing model assisted by video media, and to describe the constraints of role playing model in practicing speaking skill. The subject of this study is fifth grade students of SDN Socah 4 which amounted to 22 students. This study is a qualitative study with descriptive approach. Techniques of collecting data are observation, interview, and documentation. The collected data then reduced, triangulated, and analyzed by the writer. The results of the study show that there are several things that must be done when the teacher executes the role playing model assisted by video media in practicing speaking skill from preparation, learning steps, and assessment. Keywords: Role Playing Model, Video Media, Speaking Skill, Indonesian Language

Detail Jurnal