Detail Karya Ilmiah

  • Analisis kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kemampuan mendeklamasikan puisi mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Buluh 2 Socah.
    Penulis : Achmad Muchlisun
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN Buluh 2 Socah Bangkalan ditemukan beberapa masalah-masalah pada pelajaran bahasa Indonesia khususnya lemahnya kemampuan mendeklamasikan puisi siswa. Hal-hal tersebut dikategorikan dalam beberapa aspek diantaranya, kurangnya pemahaman tentang isi puisi, kurangnya pemahaman tentang intonasi dalam mendeklamasikan puisi, dan kurangnya pemahaman tentang ekspresi dalam mendeklamasikan puisi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan metode modeling the way dengan memfokuskan pada kemampuan berpikir kreatif dengan dikaitkan pada kemampuan mendeklamasikan puisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif siswa ditinjau dari kemampuan mendeklamasikan puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SDN Buluh 2 Socah Bangkalan tahun ajaran 2016/2017. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu mempraktekkan proses mendeklamasikan puisi secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penilaian kemampuan mendeklamasikan puisi untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif, maka siswa dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, empat siswa dengan kategori kurang mendapat nilai persentase kurang dari 62,5%, sembilan siswa dengan kategori sedang mendapat nilai persentase kurang dari 81,25%, empat siswa dengan kategori lebih mendapat nilai persentase lebih dari 81,25%. Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, kemampuan mendeklamasikan puisi, metode modeling the way.

    Abstraction

    Based on the result of a research that has been done in SDN 2 Buluh SOCAH Bangkalan, there are many problems in Bahasa Indonesia lesson especially the student’s low skill in declaiming poems. Those problems can be categorized in some aspects, such as the weakness in understanding the content of poem, the weakness in understanding the intonation in declaiming the poem, and the weakness in understanding the expression, so the research was conducted by using modeling the way method which focuses on the skill of creative thinking, and it is related with the student’s declaiming poem skills. This research aims to know the student’s creative thinking skills viewed from the aspect in declaiming poem skills. This research uses descriptive qualitative method and it is held in SDN Buluh 2 Socah Bangkalan in the year period of 2016/2017. This research uses observation, interview, and documentation to collect data. The result of this research shows that the students are capable enough to interprete a whole process of declaiming poem. Based on the result of this research which has goal to know the student’s creative thinking skills, so the students are divided into three categories. Four students which are categorized as low category get percentage’s grades less than 62,5%, nine students which are categorized as middle category get percentage’s grades less than 81,25%, and four students which are categorized as good category get percentage’s grades more than 81,25%. Key word: creative thinking skill, declaiming poem skill, modeling the way method.

Detail Jurnal