Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN SECARA BERSUSUN PADA SISWA KELAS 1 UPTD SD NEGERI SERABI TIMUR I
    Penulis : FADHLUR ROHIM
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran menggunakan kantong bilangan terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan secara bersusun pada siswa kelas 1 UPTD SD Negeri Serabi Timur I dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran menggunakan kantong bilangan terhadap motivasi belajar siswa materi penjumlahan secara bersusun pada siswa kelas 1 UPTD SD Negeri Serabi Timur I. Penelitian ini menggunakan design Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent control group desain. Penelitian menggunakan 46 siswa sebagai sampel yaitu 23 siswa dikelas eksperimen dan 23 siswa dikelas kontrol. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan angket.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan kantong bilangan terhadap hasil dan motivasi belajar siswa materi penjumlahan secara bersusun. Berdasarkan hasil uji t komparatif pada nilai posttest diperoleh nilai thitung>ttabel = 5,124>2,080 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan pengaruh pembelajaran menggunakan kantong bilangan terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan secara bersusun pada siswa kelas 1 UPTD SD Negeri Serabi Timur 1. Berdasarkan hasil uji t komparatif motivasi belajar diperoleh nilai thitung>ttabel = 4,984>2,080 maka Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan pengaruh pembelajaran menggunakan kantong bilangan terhadap motivasi belajar siswa materi penjumlahan secara bersusun pada siswa kelas 1 UPTD SD Negeri Serabi Timur 1. Kata Kunci : Media Kantong Bilangan, Hasil Belajar, Matematika

    Abstraction

    The purpose of this study is to determine whether there is influence of learning using a number bag on student learning outcomes in summarized material in class 1 UPTD SD Serabi Timur I Elementary School and to find out whether or not the influence of learning uses a number bag on students' learning motivation summarizing material in students 1st grade of UPTD at Serabi Timur Elementary School I. This study used the Quasi Experimental design with the type of Nonequivalent control group design. The study used 46 students as a sample, 23 students in the experimental class and 23 students in the control class. The technique of collecting data in this study used tests, observations and questionnaires. The results of the study showed that there was an influence of learning using a bag of numbers on the results and learning motivation of students in summarized material. Based on the results of the comparative t test on the posttest value obtained the value of tcount> t table = 5.124> 2.080 then Ho is rejected means that there is a significant effect of the effect of learning using a bag of numbers on student learning outcomes in summarized material in class 1 UPTD East Serabi Elementary School 1. Based the comparative t-test results of learning motivation are obtained tcount> ttable = 4.984> 2.080 then Ho is rejected means that there is a significant effect of the effect of learning using a number bag on students' learning motivation in summarizing material in class 1 UPTD East Serabi 1 elementary school. Keywords: Media Bag Numbers, Learning Outcomes, Mathematics

Detail Jurnal