Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Keterampilan Proses IPA dengan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Model Terpadu Tipe Nested Kelas III SDN Keleyan 4
    Penulis : Rini Fitriani
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Keterampilan proses dan sikap ilmiah ialah salah satu yang harus dikembangkan dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan proses IPA dengan sikap ilmiah pada pembelajaran model terpadu tipe nested kelas III SDN Keleyan 4. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif/hubungan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, uji normalitas dan uji gain ternormalisasi sebagai uji prasyarat, analisis bivariat dengan uji hipotesis dengan mencari nilai r, uji signifikansi korelasi product moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada hubungan antara keterampilan proses IPA dengan sikap ilmiah pada pembelajaran model terpadu tipe nested kelas III SDN Keleyan 4 dengan nilai r sebesar 0,611 dan thitung 3,184 > ttabel 2,110 serta hubungan ini memberikan kontribusi sebesar 37,36%. Kata kunci: keterampilan proses IPA, sikap ilmiah, pembelajaran model terpadu tipe nested

    Abstraction

    Process skills and scientific attitude are two of the things that must be developed for science major in every elementary schools. This research aimed to know a relationship between the science process skills and scientific attitude at integrated learning model – nested type for student grade III at SDN Keleyan 4. This research was an associative research. Sampling used saturated sampling technique. Data collecting used testing, observation and documentation. Data analysis used descriptive data analysis, normality test and normalized gain test as a precondition test, bivariate analysis with a hypothesis test sought r-score, test for the significance of the Pearson Product-Moment correlation, and also coefficient of determination. Result of this research found that there was a relatioship between the science process skills and scientific attitude at integrated learning model – nested type for student grade III at SDN Keleyan 4 with r-score 0.611 and t-score 3.184 > t-table 2.110 . While this relationship also contributed at 37.36 % . Keywords : Science Process Skills, Scientific Attitude, Intgrated Learning Model – Nested Type

Detail Jurnal