Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Langkap 2 Burneh
    Penulis : Nurhasanah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh IPA dengan menggunakan model Group Investigation serta untuk mengetahui respon siswa dalam menggunakan model Group Investigation. Pada penelitian ini peneliti mencoba menggali pengetahuan siswa agar hasil belajar yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di sekolah SD Negeri Langkap 2 Burneh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan Quasi eksperimental desain Nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampling sistematis menggunakan pengukuran teknik Solvin dengan sampel berjumlah 44 siswa. Pada pengujian hipotesis untuk hasil belajar diperoleh nilai sebesar 18,206 dan = 2,08 dan setelah dibandingkan maka diperoleh = 18,206 > =2,08 = maka Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan model Group Investigation memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Langkap 2 Burneh. Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Model pembelajaran Group Investigation, Hasil belajar

    Abstraction

    This research aims to determine how the effect of IPA by using Group Investigation model and to know the response of the students by using Group Investigation model. In this research, the researcher tries to explore the student's knowledge, thus the student’s learning result obtained to the expectations. This research was conducted at SD Negeri Langkap 2 Burneh. This type of research was a quantitative experimental research with Quasi experimental by using Nonequivalent control group design. The sample of this this research was a systematic sampling by using Solvin technique measurement with 44 students as the samples. In testing the hypothesis for learning results, obtained a value as 18.206 and 2.08 and after comparing then obtained 18.206 > 2.08 = then Ho rejected. Meanwhile, the hypothesis of this study was the study of science by using Group Investigation model gives a significant effect on the results of the students grade V at SD Negeri Langkap 2 Burneh. Keywords: Science Learning, Group Investigation learning model, Learning outcomes

Detail Jurnal