Detail Karya Ilmiah
-
HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SDN KELEYAN 03 KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALANPenulis : LUTFHI RAMADHANDosen Pembimbing I : MUJTAHIDIN, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :MAHMUD, S.IP., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Minat Belajar Siswa SDN Keleyan 03 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi.. Perhitungan validitas Instrumen menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas penelitian menggunakan teknik Cronbach Alpha. Hasil reliabilitas sebesar 0,943 untuk skala ketrampilan mengajar guru dan 0,905 untuk skala minat belajar siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas keterampilan mengajar guru diperoleh sebesar 0,054 maka Ho diterima sehingga data angket keterampilan mengajar guru berdistribusi normal sedangkan untuk uji normalitas minat belajar siswa diperoleh 0,083 maka Ho diterima sehingga data minat belajar siswa berdistribusi normal. Nilai Dhitung dari kedua angket tersebut kurang dari nilai Dtabel sehingga data berditribusi normal. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,993 sehingga tingkat hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa sangat kuat. Pengujian hipotesis penelitian dengan melakukan uji signifikansi angket keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa diperoleh thitung sebesar 72,944 > ttabel sebesar 2,010 ,maka Ho ditolak. berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa. Uji koefisien determinasi yang dilakukan untuk mengetahui besar hubungan variabel keterampilan mengajar guru dengan variabel minat belajar yang diperoleh sebesar 98,60%.
AbstractionThis study aims to determine the relationship Teaching Skills Teacher With Student Learning Interest SDN Keleyan 03 District Socah Bangkalan. This research is quantitative with correlation research design. Calculation Instrument validity using product moment correlation formula. Test reliability research using Cronbach Alpha technique. Reliability results of 0.943 for teachers' teaching skill scale and 0.905 for student learning interest scale. Based on the test results of normality of teacher's teaching skills obtained by 0.054 then Ho accepted so that the questionnaire data teacher teaching skills are normal distribution while for the normality test students 'learning interest is 0.083 then Ho is accepted so that the students' learning interest data is normally distributed. The Dhitung value of the two questionnaires is less than the value of Dtable so that the data is normally distributed. Correlation coefficient value obtained for 0.993 so that the level of relationship between teacher teaching skills with student learning interest is very strong. Testing the hypothesis of the study by testing the significance of the questionnaire of the teacher's teaching skills with student learning interest obtained tcount of 72.944> ttable of 2.010, then Ho rejected. based on the results of the analysis can be concluded that there is a significant relationship between teachers' teaching skills with student learning interests. Test the coefficient of determination conducted to determine the relationship of teacher teaching skill variables with learning interest variables obtained for 98.60%.