Detail Karya Ilmiah

  • Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas Rendah SDN Tunjung 4 Kecamatan Burneh
    Penulis : Zuliya Safutri
    Dosen Pembimbing I : Mahmud, S.IP., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Nilamsari Damayanti Fajrin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dalam Penelitian ini adalah mengetahui respon orang tua dan siswa kelas rendah terhadap pembelajaran daring, mengetahui permasalahan yang dihadapi dan mengetahui upaya sekolah,orang tua, guru dan siswa dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring SDN Tunjung 4. Penelitian ini merupakan penelitian kuantatif deskriptif. Sampel yang digunakan adalah 51 responden. Teknik Pengumpulan adalah teknik angket/kuesioner dan teknik dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yakni problematika pembelajaran daring siswa kelas rendah. Hasil penelitian ini adalah dalam hal respon orang tua siswa karena kebanyakan berpenghasilan 500 ribu-1 juta/bulan ada anggapan a biaya paket data internet mahal apalagi alat-alat teknologi sering mengalami kerusakan. Orang tua menemani siswa saat belajar kecuali saat bekerja yang mana kebanyakan adalah pegawai. Respon siswa kelas rendah merasa jenuh saat pembelajaran daring karena kesulitan memahami dan mengeluhkan materi yang dinilai banyak apalagi siswa masih perlu mencatat dibuku catatan. Permasalahan guru adalah metode dan aplikasi yang digunakan tidak variatif, sering metode ceramah/menyuruh menonton TVRI serta hanya fasih dalam menggunakan aplikasi grub whatsapp. Kesulitan menentukan waktu pembelajaran salah satunya karena jaringan signal siswa yang tidak stabil. Permasalahan orang tua adalah Biaya paket internet mahal. Membantu anak, mengawasi dan menemani hanya saat tidak bekerja. Permasalahan siswa kelas rendah adalah Permasalahan materi yang sulit dipahami, merasa jika materi dan soal terlalu banyak dan merasa jenuh/sering mengeluh dengan jalannya metode pembelajaran apalagi kondisinya tidak ada buku penunjang.Upaya orang tua dalam mengatasi masalah pembelajaran adalah Membantu kesulitan belajar agar mencapai nilai kkm.Menyediakan alat dan internet meskipun harganya mahal. Upaya anak Sejauh ini terlihat dalam hal berani meminta bantuan pada orang tua dan belajar disiplin waktu meskipun memang harus ditingkatkan lagi kesadaran dalam diri siswa itu sendri. Upaya guru adalah Sejauh ini sudah memberikan alternatif solusi dengan memberikan tugas berupa membuat karya agar siswa tidak merasa jenuh. Upaya sekolah adalah Menghubungi orang tua agar siswa tetap dianjurkan belajar dari rumah dan mengembangkan metode dengan mengatur pertemuan untuk mengajarkan aplikasi pembelajaran lain seperti google classroom orang tua/wali murid dan siswa. Kata kunci: Pembelajaran daring , teknologi pembelajaran, siswa kelas rendah

    Abstraction

    The purpose of this study is to determine the response of parents and low class students to online learning, to identify problems that were faced by low grade students, parents and teachers while learning, to know the efforts of schools, parents, teachers and students in overcoming the online learning problems of Tunjung 4 Elementary School This research is a descriptive quantitative study. The sample that was used was 51 respondents. Collecting data techniques are questionnaire / questionnaire techniques for parents of low grade students and documentation techniques. The variable in this study is a single variable that is the problem of online learning of low grade students The results of this study are in terms of the response of parents because most of them earn 500 thousand-1 million / month there is an assumption that the internet data is expensive especially as technological devices often suffer damage. Parents accompany students while studying except when working where most are employees. The response of low grade students feels bored when studying online because of difficulty understanding and complaining about material that is valued a lot more especially students still need to take notes in a notebook. The teacher's problem is that the methods and applications used are not varied, often the method of lecturing /TVRI and only fluent in using the whatsapp grub. Difficulty determining learning time is partly due to the unstable student signal network. The problem with parents expensive of internet. Help children, supervise and accompany only when not working. Low class student problems are material problems that are difficult and questions are too much and feel bored / often complain about the way learning methods let alone the condition is not a supporting book. the price of provides tools and internet is expensive. Children's efforts So far it has been seen in terms of daring to ask for help from parents and learning the discipline even though it must be increased awareness within the student himself. The teacher's effort is so far to have provided alternative solutions by giving assignments in the form of making work so that students not feel bored. School efforts are to contact parents so students are still encouraged to learn from home and develop methods by arranging meetings to teach other learning applications such as google classroom for parents and studends. Keywords: Online learning, learning technology, low grade students

Detail Jurnal