Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KINCIR ANGIN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS INKUIRI KELAS IV SD NEGERI KRATON 6 BANGKALAN
    Penulis : DHONITA MEILYA
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.,
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kincir angin pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis inkuiri yang akan digunakan pada siswa kelas IV di SD Negeri Kraton 6 Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil tingkat kevalidan dari validator yaitu ahli media pembelajaran 75% , ahli materi 87.5% dan ahli desain pembelajaran 85% dengan hasil perhitungan rata-rata kevalidan media yang selanjutnya dikonversikan ke dalam kriteria sangat valid, sangat baik digunakan. (2) hasil tingkat ketpraktisan media berdasarkan lembar observasi aktivitas guru yaitu sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis, sangat baik digunakan. (3) hasil tingkat keefektifan media yaitu, angket respon siswa sebesar 91% , lembar observasi aktifitas siswa 79,75% dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 75% dengan hasil perhitungan rerata keefektifan media yang selanjutnya dikonversikan ke dalam kriteria sangat efektif, sangat baik digunakan. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran kincir angin pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis inkuiri sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk digunakan pada kelas IV di SD Negeri Kraton 6 Bangkalan.

    Abstraction

    This study is aimed to develop a windmill learning media on inquiry-based Natural Science learning that will be used in fourth grade students at SD Negeri Kraton 6 Bangkalan. This study is a development study with Borg and Gall development model. The results showed that: (1) the validity of the validator's validity rate of 75%, 87.5% of subject expert and 85% of the learning design expert with the calculation of the average media validity which is conversed into very valid category, very good in used . (2) Result of media practicality level based on observation sheet of teacher activity that is 90% with very practical criteria, very good use. (3) result of effectiveness level of media that is, questionnaire of student response 91%, observation sheet of student activity 79,75% and completeness of result of student learning as much as 75% with result of calculation of the average of effectiveness of media which then converted into very effective category, . The conclusion of this study is the learning media of windmill on inquiry-based natural science study is very valid, very practical and very effective to use in fourth grade at SD Negeri Kraton 6 Bangkalan.

Detail Jurnal