Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Sekolah Dasar Terpencil (Studi Kualitatif di SDN Bancamara I Gili-Iyang Sumenep)
    Penulis : Asyira
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan implementasi pembelajaran kelas rangkap di sekolah dasar terpencil, yaitu di SDN Bancamara I Gili-Iyang Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SDN Bancamara I. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, dan ditriangulasikan, kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil dari penelitian yaitu model PKR yang digunakan sekolah model PKR 221 yaitu dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan. Pembelajaran dilaksanakan dengan cara menggabung dua kelas yang terdiri dari beberapa tingkatan kelas yang berbeda. Guru menyampaikan materi dengan cara menjelaskan materi bergantian pada tingkatan kelas yang berbeda. Dalam pembelajaran siswa kadang-kadang dibentuk kelompok dan menggunakan bantuan tutor sebaya. Selain itu, guru juga menerapkan disiplin kelas berupa ARK (Aturan Rutin Kelas) dan KS (Kegiatan Kelas) dalam pembelajaran kelas rangkap. Kondisi kelas dalam pembelajaran kelas rangkap siswa aktif dan antusias. Kata Kunci: Pembelajaran kelas rangkap, sekolah dasar terpencil

    Abstraction

    The purpose of this study is to explain or describe the implementation of multigrade learning in remote elementary school, namely SDN Bancamara I Gili-Iyang Sumenep. This research uses descriptive qualitative approach. The informants of this research are the headmaster and teacher of SDN Bancamara I. The data collections used are interview, observation, and documentation. The data that has been collected is reduced, and triangulated, then analyzed by the researcher. The result of the research is PKR model used by school model PKR 221 that is two classes, two subjects, one room. The learning process is done by combining two classes consisting of several different grade levels. The teacher presents the material by explaining the material by turns at different grade levels. In the learning process, the students are sometimes formed as group and use the help of peer tutors. In addition, the teachers also apply classroom discipline ARK (Class Routine Rules) and KS (Class Activity) in multigrade learning. The classroom conditions in multigrade learning are active and enthusiastic. Keywords: Multigrade learning, remote elementary school

Detail Jurnal