Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI PEJAGAN 3 BANGKALAN
    Penulis : ELVIN DWI MAHARANI
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya proses pembelajaran Matematika yang dilaksanakan. Hal ini disebabkan guru kurang dapat memilih model pembelajaran yang tepat selama proses belajar mengajar. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan model Quantum Teaching yang dapat menciptakan lingkungan belajar efektif dan interaktif, menciptakan suasana yang asyik dan menyenangkan, serta memudahkan proses belajar sehingga tujuan pembelajaran yaitu dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa dapat tercapai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas II SDN Pejagan 3 Bangkalan sedangkan sampel untuk penelitian ini yaitu semua yang termasuk populasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa, (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Quantum Teaching terhadap motivasi belajar siswa. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan postest, lembar observasi aktivitas siswa, serta angket motivasi siswa. Pengujian hipotesis penelitian untuk hasil belajar siswa menggunakan uji-t dengan hasil = 97,3 > = 2,10, maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk Pengujian hipotesis penelitian untuk motivasi siswa diperoleh nilai = 2,10 dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model Quantum Teaching terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas 2 SD Negeri Pejagan 3 Bangkalan. Kata kunci: model quantum teaching, hasil belajar, dan motivasi siswa. = 11,9 >

    Abstraction

    This research is motivated by the lack of interesting learning process of mathematics that was implemented. This is because teachers can not choose the right learning model during the learning process. Therefore, researchers try to apply Quantum Teaching model that can create an effective and interactive learning environment, create a fun and fun atmosphere, and facilitate the learning process so that the learning objectives that can improve student learning outcomes can be achieved. Population in this research is all student / student of class II SDN Pejagan 3 Bangkalan while sample for this research that is all including population. The purpose of this study is to: (1) Know whether or not the influence of Quantum Teaching model on student learning outcomes, (2) Knowing whether or not the influence of Quantum Teaching model on student learning motivation. This research data is obtained from pretest and posttest, observation sheet of student activity, and student motivation questionnaire. Testing research hypothesis for student learning result using t-test with result = 97,3> = 2,10, hence Ho refused and Ha accepted and can be concluded that there is significant influence between learning model of Quantum Teaching to result of student learning. While for the test of hypothesis research for student motivation obtained value = 11,9> = 2,10 and it can be concluded that there is influence of application of model of Quantum Teaching to student motivation at subject of mathematics class 2 SD Negeri Pejagan 3 Bangkalan. Key Word: quantum teaching model, learning outcomes, and learning motivation.

Detail Jurnal