Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Penguasaan Kosakata Siswa dalam Kemampuan Membuat Kalimat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Pangeranan 4 Bangkalan,
    Penulis : Nurul Izzah,
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.pd.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa dalam kemampuan membuat kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Pangeranan 4 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Pangeranan 4 Bangkalan dengan jumlah 10 siswa. Hasil yang diuraikan dari hasil penelitian adalah hasil analisis penguasaan kosakata siswa dalam kemampuan membuat kalimat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, hasil wawancara terhadap siswa dan guru kelas, hasil tes pada siswa. Pembahasan yang akan diuraikan meliputi penguasaan kosakata siswa dalam kemampuan membuat kalimat. Hasil penelitian ini diperoleh siswa mampu menguasai kosakata Indonesia dalam kemampuan membuat kalimat dengan cukup baik. Hal ini termasuk berhasil karena dari hasil teknik tes, siswa dapat melengkapi bagian semua cerita yang hilang. Hal ini membuktikan penguasaan kosakata siswa dalam kemampuan membuat kalimat, siswa dapat menguasai kosakata dalam kemampuan membuat kalimat bahasa indonesia. Kata kunci: Penguasaan kosakata siswa, kemampuan membuat kalimat

    Abstraction

    The purpose of this study is to know Students’ Vocabulary Competence in Ability to Make Sentences in Indonesian Subjects of fourth grade in SDN Pangeranan 4 Bangkalan. This research was descriptive qualitative research with observation technique, interview, test and documentation. The sample in this research was the fourth grade student in SDN Pangeranan 4 Bangkalan with 10 students. The results showed in this research were analysis of students' vocabulary competence in ability to make sentences in Indonesian subjects, results of interviews with students and classroom teachers, and result of tests on students. The discussions which has been described include the mastery students’ vocabulary in ability to make sentences. The result of this study obtained that students were able in masterying Indonesian vocabulary and students were have ability to make sentences well enough. It could be categorized as success because from results of test techniques, students could complete the part of all the missing stories. It is proved that students has competence in ability to make sentences. They could masterying vocabulary to make Indonesian sentences. Keywords: Student Vocabulary Competence, Ability to Make Sentences

Detail Jurnal