Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Siswa Kelas V SDN Keleyan 1 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
    Penulis : MUKARROMAH
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Minat baca adalah keinginan yang kuat disertai dengan usaha-usaha seseorang untuk membaca. Siswa yang memiliki minat yang tinggi akan memiliki kemampuan membaca pemahaman yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk : a) mengetahui minat baca siswa, b) mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks bacaan, dan c) mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan siswa kelas V SDN Keleyan 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat baca siswa termasuk pada kategori sedang dengan presentase sebesar 64.70% dan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan juga termasuk pada kategori sedang dengan presentase sebesar 58.82%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment diperoleh hasil nilai r hitung sebesar 0,826 dengan harga r dengan jumlah responden (N) = 17 pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,514. Dari hasil tersebut, dapat diketahui nilai r tabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis terbukti yaitu ada hubungan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman teks bacaan siswa kelas V SDN Keleyan 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci : Minat baca, kemampuan membaca pemahaman teks bacaan hitung > r tabel

    Abstraction

    Reading interest is a strongest desire that accompanied with a personal efforts to read. Students who has a high desire will be have a high reciting ability. This research was conducted for: a) knowing the reading interest of students, b) knowing the reading ability of reading a text book, and c) knowing the relation of reading interest with reading ability of a text book about Indonesian Language lessons at 5th grade of Keleyan 1 Elementary School. This research using constructivism theory. This research is qualitative research using correlation technique. This research using 17 students of 5th grade as a population and sample. Data collection technique that used in this research are interview, test, and documentation. With the instrument used questionnaire, test, and documentation. The results of the descriptive analysis suggests that students reading interest was included on category are with percentage of 64.70% and the ability to read a text are also included in the category are with percentage of 58.82%. The results of hypothesis test using correlation product moment gleaned value results 0.826 of r with the price of r tabel count with the number of respondents (N) = 17 on the level of significance is 5% that is as big as 0.514. From these results, it can be known the value that r . This shows that the hypothesis is proven that there is a relationship between reading interest with the ability to read a text about Indonesian Language lessons at 5 th grade of Keleyan 1 Elementary School. Keywords: Reading Interest, the ability of comprehension to read a text readings hitung > r tabel

Detail Jurnal